Ketua DPR Sampaikan Duka Mendalam Musibah Gempa Aceh

Ketua DPR Setya Novanto.
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua DPR Setya Novanto menyampaikan duka yang mendalam atas musibah gempa bumi di Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie Jaya, pada pukul 05.30 WIB. Gempa yang berkekuatan 6,4 Skala Richter tentu cukup mengejutkan, hingga menyisakan duka yang mendalam bagi seluruh keluarga korban yang sampai saat ini terus bertambah.

Tantangan Berat, Setjen dan BK DPR Dorong Pemuda Optimis Bangun NKRI

“Secara khusus saya menyampaikan duka cita kepada keluarga yang ditinggalkan, keluarga yang sanak saudaranya terluka dalam musibah ini. Sekecil dan sebesar apapun duka saat ini, itu adalah duka kami semua, luka sesama anak bangsa, dan duka sesama rakyat Indonesia,”kata Novanto, dalam rilisnya, Rabu 7 Desember 2016.

Politisi F-PG itu, hal yang patut dan pantas dilakukan saat ini adalah aksi cepat dan tanggap serta nyata, sehingga manfaatnya dirasakan oleh para korban dan seluruh masyarakat yang berada di sekitar wilayah yang terkena musibah.

DPR Minta Insiden Pembakaran Polsek Bendahara Tidak Terjadi Lagi

“Sebagai Ketua DPR RI, saya akan menyuarakan kebulatan tekad seluruh wakil rakyat untuk bersama-sama membantu korban dengan materi, tenaga maupun pikiran,” ujar Novanto.

Sebagai lembaga perwakilan rakyat, masih kata Novanto, sudah pada tempatnya musibah ini mendapatkan prioritas dan perhatian serius, sebagaimana pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengintruksikan penanganan prioritas bagi musibah gempa di Aceh ini.

Bamsoet: Anggaran Pendidikan APBN 2019 Harus Bawa Kemajuan

“Saya juga berharap kepada seluruh stakeholder dan pihak-pihak yang selama ini memiliki kewenangan langsung maupun tidak langsung dalam penanganan musibah untuk segera bertindak, khususnya mengantisipasi juga kemungkinan gempa susulan,” kata Novanto.

Novanto menambahkan, Indonesia memiliki lembaga-lembaga penanganan musibah dan tanggap darurat yang sudah terlatih dan terbiasa dalam melakukan aksi cepat. Ia yakin, lembaga-lembaga itu akan bekerja secara maksimal demi kepentingan kemanusiaan. Sehingga diharapkan akan semakin banyak korban yang bisa diselamatkan.

“Saya juga akan mengkoordinasikan penanganan musibah ini dengan komisi-komisi di DPR RI yang terkait. Agar segala bentuk antisipasi dan bantuan lebih bisa dilaksanakan secara cepat dan tepat sasaran dan tujuan kepada mereka yang membutuhkan,” komitmen Novanto.

Politisi asal dapil Nusa Tenggara Timur itu berharap tidak ada lagi kejadian yang sama ke depannya. Karena itu, deteksi dini atas berbagai peristiwa yang bisa menimbulkan korban jiwa sangat penting untuk mendapat perhatian.

“Terakhir saya mengajak kepada kita semua untuk menyempatkan waktu dalam setiap ibadah untuk menyisipkan  berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa untuk memberikan kesembuhan bagi para korban yang terluka dan memberi tempat terbaik kepada mereka yang telah meninggal dunia, serta memberikan kekuatan iman dan ikhlas bagi keluarga yang ditinggalkan, agar selalu tabah menghadapi cobaan ini,” kata Novantos. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya