Wapres JK Sayangkan Ormas Bubarkan Ibadah Natal di Sabuga

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA/Siswowidodo

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyesalkan pembubaran kegiatan ibadah natal yang digelar di Gedung Sabuga, Bandung, Jawa Barat oleh ormas Pembela Ahlus Sunah (PAS) dan Dewan Dakwah Islam (DDI)

Din Syamsuddin: Calon Pemimpin Terlalu Muda Minim Pengalaman, Terlalu Tua Suka Pikun

"Ya selama itu ada izin ya tentu tidak boleh ada pembubaran begitu. Tidak boleh," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 7 Desember 2016.

Menurut JK, aksi sepihak tersebut telah menodai nilai-nilai toleransi. Apalagi kegiatan keagaman tersebut telah mendapatkan izin dari otoritas setempat.

Dialog Bersama Ormas Islam, Kemenag Dorong Penguatan Kebangsaan

Sebelumnya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah meminta maaf atas ketidaknyamanan umat yang harus bubar karena ibadah natal di Sabuga Bandung diadang massa intoleran pada Selasa petang. Dia berjanji koordinasi pada masa yang akan datang bisa lebih baik.  

Dia menegaskan bahwa kegiatan ibadah dijamin konstitusi.

Patung Bunda Maria Ditutup Terpal, Pengelola Rumah Doa Ingin Urus Perizinan

"Warga Bandung adalah warga yang cinta damai, toleran dan hidup sehari-hari dalam landasan Pancasila. Menyesalkan terjadinya kendala dalam beribadah karena dinamika koordinasi," kata Ridwan Kamil dalam siaran pers yang dia sebar melalui akun Twitter @ridwankamil, Rabu, 7 Desember 2016.

Pria yang akrab disapa Emil ini pun menjelaskan bahwa bangunan publik seperti gedung Sabuga boleh digunakan untuk aktivitas keagamaan selama sifatnya insidental. Menurutnya, kegiatan KKR ini merupakan acara tingkat provinsi sehingga surat rekkomendasi kegiatan berasal dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.
 

Suasana sidang Isbat penentuan awal Ramadan di Kementerian Agama/Ilustrasi.

Tentukan Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H malam ini Selasa 9 April 2024 bertepatan 29 Ramadan 1445 H

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024