Diberi Gelar Doktor, Menteri Susi: Apa Saya Pantas

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti mengapresiasi langkah Universitas Diponegoro Semarang yang memberinya gelar kehormatan Doktor Honoris Causa. Susi mengaku tersanjung dengan gelar yang disematkan kepadanya tersebut.

Undip Tetap Laksanakan KKN meski Ada PPKM Darurat

"Saya merasa antara terharu, terhormat, tersanjung, tetapi juga tetap punya pertanyaan apakah saya pantas mendapatkannya," kata Susi saat mempersiapkan penganugerahan gelar di Kampus Undip, Semarang, Jumat, 2 Desember 2016.

Ia mengaku tak jumawa akan gelar tertinggi itu. Sebab, selama puluhan tahun dia selalu fokus bekerja semaksimal mungkin untuk negeri ini. "Sebagai doktor atau tidak saya tetap sebagai Susi. Kebijakan saya tetap kebijakan yang benar dan betul serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," ujar dia.

Undip Gelar Ujian Masuk pada 12-30 April, Pendaftar Sebanyak 25.302

Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa untuk Susi akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2016 di Gedung Prof Soedharto Undip, Semarang.

Sebelum Susi meraih gelar itu, Undip sendiri selama setahun terakhir telah melakukan uji kompetensi terkait kapasitas intelektualnya sebagai tokoh yang pantas menerima gelar Doktor Honoris Causa.

Dibanding Susi, Nelayan Lobster Lebih Dukung Kebijakan Edhy Prabowo

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan, pemberian gelar kepada Menteri Susi juga dilihat dari sudut pandang sosoknya yang selama ini sangat fenomenal di bidang maritim. Pihaknya menganggap kebijakan yang ditorehkan Susi selama ini tercatat sesuai dengan tindakan ilmiah.

"Dalam dua tahun terakhir pemberantasan illegal fishing oleh Menteri Susi telah menumbuhkan efek jera," katanya.

Terkait latar belakang pendidikan Susi yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Yos mengaku institusinya telah mempertimbangkan hal itu dengan matang. Apalagi Menteri Susi memiliki lisensi telah teakreditasi dari Badan Nasional Profesi dengan ranking sembilan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya