TUTUP
TUTUP
POLITIK

Pandangan Agung Laksono Soal UU Pemilu dan MD3

Dua undang-undang itu sangat penting.
Pandangan Agung Laksono Soal UU Pemilu dan MD3
Agung Laksono (VIVAnews/Irvan Beka)

VIVA.co.id - Dewan Pakar Partai Golkar ikut memberikan pandangan terkait isu-isu yang tengah bergulir di DPR, termasuk soal Rancangan Undang-undang Pemilihan Umum. Dewan Pakar menilai UU Pemilu sangat penting untuk dipersiapkan secara serius, termasuk oleh Fraksi Partai Golkar.

"Kan banyak itu, apakah proporsional terbuka, atau tertutup dengan varian-varian yang lebih banyak. Dan itu penting agar Pemilu yang akan datang istimewa. Gabung kan, Pilpres, Pileg sekaligus. Itu harus sedini mungkin disiapkan dengan sebaik-baiknya," kata Ketua Dewan Pakar Agung Laksono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 1 Desember 2016.

Terkait wacana revisi UU MPR, DPR, DPD, DPD, DPRD (MD3) yang juga tengah ramai saat ini, Agung berpendapat sebaiknya fraksi-Fraksi saling berbicara terlebih dahulu.

"Itu kan bersumber dengan internal kedewanan. Biarlah fraksi-fraksi bicara dulu, baru kemudian kita bisa mengambil apa yang terbaik untuk revisi UU MD3," ujar Agung.

Agung yakin Fraksi Golkar terbuka terhadap segala saran dan pandangan terkait wacana ini. Namun, dia meminta substansi revisi ini benar-benar disampaikan secara mendalam.

"Untuk apa substansinya, sebaiknya antar fraksi-fraksi saya sarankan duduk bersama lagi. Apa sih yang ingin dicari, karena waktu ini tinggal 3 tahun lagi," kata Agung.

Sebelumnya, anggota DPR Fraksi PDIP Aria Bima berharap, pimpinan DPR bisa menginisiasi secepat mungkin perubahan UU MD3. Dia juga menuntut agar formulasi pimpinan DPR bisa disusun ulang.

"Kami berharap, kalau masih mungkin sampai hari ini, selaku Fraksi PDIP Perjuangan yang mempunyai legitimasi rakyat cukup besar, dan anggota paling banyak di DPR, kalau masih dimungkinkan, mendapatkan kursi pimpinan DPR," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP