Ade Komarudin Absen di Paripurna, ARB: Dia Ikhlas

Aburizal Bakrie.
Sumber :
  • Edwin Firdaus

VIVA.co.id – Ketidakhadiran Ade Komarudin saat Sidang Paripurna DPR dengan agenda penggantiannya sebagai Ketua DPR dan mengangkat kembali Setya Novanto pada Rabu kemarin menimbulkan persepsi bahwa Ade masih tak sreg dengan keputusan DPP Partai Golkar tersebut.

Puan Maharani: Kasus Jiwasraya Tak Perlu Pansus

Namun anggapan itu ditepis oleh Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB). ARB memastikan, ketidakhadiran Ade saat paripurna, murni bukan karena Ade tidak bisa mengikhlaskan jabatannya.

"Orang sakit gimana. Sekarang lagi diperiksa lagi. Enggak (karena tidak ikhlas), dia ikhlas," kata ARB di sela-sela acara Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 1 Desember 2016.

Ketua DPR: UN Diganti Jadi Assessment Harus Dikaji Lebih Dalam

Sembilan fraksi di DPR sepakat menyetujui keputusan Golkar untuk mengganti ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto. Walau ada sejumlah catatan, seperti agar pergantian pimpinan ini tidak terjadi lagi.

Sebelumnya Ade menjadi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto yang mundur karena tersandung kasus "Papa Minta Saham".

Hari HAM, Ketua DPR Minta Pemerintah Penuhi Hak Pendidikan

Untuk posisi yang dijanjikan kepada Ade, ARB mengaku belum mengetahuinya. Cuma ia berharap, DPP Golkar bisa memberi posisi yang baik.

Menurut ARB, yang paling penting adalah mampu menjalankan jabatan apa pun dengan baik. Disinggung jikalau posisi ketua fraksi akan dikembalikan ke Ade yang ia jabat sebelum menggantikan Setya Novanto, ARB menilai hal itu juga menjadi wewenang DPP Golkar.

"Tergantung Pak Novanto (Setya Novanto)," kata ARB.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya