Anggota Usulkan Pimpinan DPR Dikocok Ulang

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan pimpinan Djan Faridz, Achmad Dimyati Natakusumah.
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id - Wacana pergantian Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto tengah mengemuka belakangan ini. Anggota DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Dimyati Natakusumah menyarankan, adanya kocok ulang pimpinan saja.

Pimpinan DPR Belum Izinkan RUU TPKS Dibahas saat Reses, Ini Alasannya

"Pembagian tidak adil. Selama ini, kurang proposional dan kurang semangat kebersamaan," kata Dimyati, ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 30 November 2016.

Dimyati menilai, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan seharusnya berada di pimpinan, meskipun tidak harus jadi ketua. Termasuk, di pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) juga.

DPR Minta Pemerintah Tak Naikan Harga BBM Bersubsidi

"Masa pemenang Pemilu tidak dapat pimpinan DPR? Ketua dan wakil ketua AKD-nya juga. Kocok ulang, tiap 2,5 tahun, pimpinan DPR enggak harus permanen lima tahun," ujar Dimyati.

Dia mencontohkan, DPD yang tidak mutlak harus dipimpin orang yang sama selama lima tahun. Menurut dia, hal itu demi menciptakan situasi di parlemen yang kondusif.

DPR Sarankan Aturan Menag soal Toa Masjid Disesuaikan Kondisi Daerah

"Segera dilakukan, tahun yang baru ciptakan kebersamaan," kata Dimyati. (asp)

Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Anggota Komisi VI DPR RI

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

Hingga saat ini, kelangkaan minyak goreng masih terjadi di beberapa wilayah. Pemerintah dan stakeholder diminta untuk duduk bersama mencari solusi.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022