Yorrys Nilai Pernyataan ARB Terkait Ketua DPR Cukup Elegan

Politikus senior Golkar, Yorrys Raweyai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Mitra Angelia

VIVA.co.id – Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan DPP Partai Golkar, Yorrys Raweyai, angkat bicara soal pernyataan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) agar Ketua Umum Golkar, Setya Novanto, fokus pada satu jabatan saja.

Ketua Jokowi Mania Masuk Partai Golkar?

"Itu kan beliau sebagai Ketua Dewan Pembina memberi masukan pertimbangan, nanti ada masukan dewan pakar, dewan kehormatan," kata Yorrys saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 25 November 2016.

Menurutnya, pernyataan ARB harus dilihat secara utuh. Ia menangkap pembina memberikan masukan soal kondisi politik saat ini. Posisi sebagai ketua DPR merupakan hal yang penting dan berat. Di sisi lain ada target politik yang ingin dicapai Golkar pada 2019.

Aburizal Bakrie Dukung Semangat Anak Muda Lalui Pandemi COVID-19

"Karena sulit antara negara dan kepentingan politik partai. Tapi beliau kembalikan (pada DPP Golkar). Jadi statement itu cukup elegan untuk negarawan yang memberikan pertimbangan. Artinya, yang mengukur dan menakar DPP. Apakah kalau rangkap jabatan ini bisa selesaikan dua target itu atau tidak," kata Yorrys.

Menurut Yorrys, pertimbangan dari dewan pembina tak harus dilaksanakan DPP Golkar. Sebab sifatnya hanya pertimbangan. Tapi dalam hal keputusan strategis memang harus dikoordinasikan dengan dewan pembina, pakar, dan kehormatan.

Gerindra dan Golkar Koalisi Usung BHS di Pilkada Sidoarjo

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, ARB mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, belum tentu menjadi Ketua DPR lagi. Meskipun sudah diputuskan dalam rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat.

ARB memiliki pandangan mengenai posisi Ketua DPR bila dijabat oleh Ketua Umum Golkar. Pertama, ARB melihat bahwa institusi DPR dan Partai Golkar sama-sama penting. Kedua, perlu ada yang didahulukan, sehingga konsentrasi tidak terpecah nantinya. (ase)

Ilustrasi-Pilkada Serentak di Indonesia

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

Ketum Partai Demokrat AHY menemui Ketum Partai Golkar Airlangga

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020