Demo 2 Desember Menurut Politisi Senayan

Saleh Partaonan Daulay
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay berkomentar soal wacana demonstrasi buruh yang akan dilangsungkan pada tanggal 2 Desember 2016 bertepatan dengan demo menuntut penahanan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

"Harus diakui bahwa penyampaian pendapat di depan umum itu dijamin Undang Undang. Kalau pun tidak menganjurkan tapi melarang itu juga tidak boleh. Sebab ada ketentuan yang membolehkan," kata Saleh dari Fraksi PAN saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 25 November 2016.

Menurutnya, salah satu ciri fundamental negara demokrasi di antaranya adalah kebebasan pers dan kebebasan menyampaikan pendapat. Oleh karena itu penyampaian pendapat harus diberikan ruang dan dijamin negara.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Sementara terkait dengan demo lanjutan menuntut Ahok ditahan, Saleh berkomentar normatif. Menurutnya, Kepolisian tengah melakukan proses hukum terhadap Ahok dan karena itu sebenarnya tak perlu ada demo lanjutan.  

"Prosesnya kan sudah jalan. Mungkin Kepolisian butuh waktu saja. Kalau ada yang merasa masih kurang tegas, ya kami kembalikan ke pihak Kepolisian. Itu sudah di luar kewenangan kita," kata Wakil Ketua Komisi IX itu.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Sebelumnya beredar kabar akan ada demo lanjutan menuntut Ahok agar ditahan terkait kasus penistaan agama pada tanggal 2 Desember 2016. Bersamaan dengan itu kemudian muncul wacana Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan mogok nasional pada waktu yang sama.

Aksi mogok nasional rencananya akan dilaksanakan melalui unjuk rasa di 20 provinsi dan 250 kabupaten dan kota.

Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022