TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK

PBNU Minta Jokowi Bubarkan Ormas Tak Sesuai 4 Pilar

Empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
PBNU Minta Jokowi Bubarkan Ormas Tak Sesuai 4 Pilar
Presiden Jokowi saat berkunjung ke PBNU. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

VIVA.co.id - Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) dalam pembukaan Munas XVII Muslimat NU, meminta kepada pemerintah agar membubarkan organisasi yang tidak sesuai dengan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kami memohon kepada Bapak Presiden, organisasi yang jelas-jelas bertentangan dengan empat pilar agar dibubarkan," kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, dalam sambutannya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis, 24 November 2016.

Meskipun demikian, Said mengaku tak menuju ke salah satu organisasi massa tertentu. Dia mengatakan, organisasi apapun itu bentuknya, selagi tidak sesuai dengan empat pilar kebangsaan Indonesia agar dibubarkan saja.

"Baik organisasi itu atas nama Islam kek, atas nama Kristen kek, kalau itu bertentangan dengan empat pilar, NU mohon agar pemerintah bubarkan saja," kata Said di hadapan Jokowi yang saat itu juga menghadiri acara tersebut.

Jokowi sendiri akhir-akhir ini sering menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh baik pimpinan ormas maupun partai politik. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkali-kali menekankan pentingnya menjaga kemajemukan, keragaman, Bhinneka Tunggal Ika, juga Pancasila, NKRI, serta tema-tema keindonesiaan lainnya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP