TUTUP
TUTUP
POLITIK

Wujudkan Depok Sahabat Anak dengan Keluarga Harmonis

Keluarga adalah pilar penyangga utama tiap rumah tangga.
Wujudkan Depok Sahabat Anak dengan Keluarga Harmonis
Wujudkan Depok Sahabat Anak dengan Keluarga Harmonis

VIVA.co.id – Keluarga adalah pilar penyangga utama tiap rumah tangga. Jika pilarnya goyah tentu tidak mudah untuk melangkah. Hidup akan susah, kebahagiaan pun hilang dengan mudah.

Keluarga merupakan unsur terkecil dalam masyarakat sosial dalam membentuk karakter manusia. Dengan begitu, keadaan sosial masyarakat tergantung dengan karakter tiap keluarga di sebuah wilayah.

Ketua TP PKK Kota Depok yang akrab disapa Bunda Elly menuturkan, bahwa keluarga adalah bagian terkecil dari sosial masyarakat yang mempunyai fungsi penting dalam mendidik dan membentuk karakter, ujarnya.

Dalam proses membangun keluarga harmonis banyak hal yang menjadi hambatan. Namun, ada satu hal yang seringkali sebuah keluarga itu menjadi berantakan. Persoalan yang seringkali muncul menjadi pemicu adalah komunikasi. Sebuah keluarga dengan komunikasi yang baik akan menguatkan keluarga itu sendiri.

Jika dalam keluarga tidak terjalin komunikasi yang baik di antara sesama, tunggulah kehancurannya. Satu per satu konflik akan muncul ke permukaan. Konflik itu akan membesar hingga membentuk gunung es yang sulit untuk ditaklukkan. Akibatnya, anak yang akan menjadi korban.

Depok Sahabat Anak
Kepemimpinan Wali Kota Depok periode 2016-2021, KH. Dr. Mohammad Idris, M.A. dengan salah satu programnya, ‘Depok Sahabat Anak’ menjadi sebuah angin segar yang membawa kesejukan. Anak menjadi perhatian karena anak adalah generasi kita yang akan datang. Jika kita ingin negeri ini maju, sayangilah anak kita dengan bekal ilmu dan akhlak yang baik.

Namun, seringkali terjadi hal yang tidak kita inginkan (konflik). Konflik keluarga banyak sekali terjadi. Hal ini berpotensi menimbulkan gejolak rumah tangga yang membahayakan ketahanan keluarga. Untuk itu, Pemkot Depok melalui TP PKK dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) berupaya meredamnya. Salah satunya dengan menggiatkan gerakan PKK hingga ke pelosok. Pemkot Depok dan masyarakat saling bersinergi membangun keharmonisan keluarga.

Ketua TP PKK Kota Depok, Hj. Elly Farida mengkhawatirkan, konflik keluarga yang timbul karena ini akan menjadi hal yang buruk bagi perkembangan psikologi anak. Sebab anak membutuhkan sosok ayah dan ibu teladan dalam hidupnya. Harta tiada berguna tanpa bekal iman dan takwa. Iman dan takwa akan sempurna jika anak kita bahagia.

Untuk mewujudkannya, TP PKK dan BPMK ‘turun’ hingga ke tingkat RT guna berbagi ilmu tentang bagaimana membentuk keluarga harmonis dan pola mendidik anak agar tumbuh menjadi anak pintar dan shaleh. Bunda Elly menjelaskan bahwa peran PKK dalam membentuk keluarga harmonis ini diantaranya yaitu dengan mengoptimalkan gerakan PKK melalui 10 program pokok yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan.

Keluarga harmonis akan membentuk anak menjadi mandiri, percaya diri, dan berprestasi. Ayo kita sama-sama bangun Kota Depok. Depok ‘Kota Sahabat’. Depok Sahabat Anak. (webtorial)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP