TUTUP
TUTUP
POLITIK

Amien Rais: Bangsa Indonesia Tak Percaya Diri

Kondisi itu membuat bangsa ini gagal kelola sumber daya alam.
Amien Rais: Bangsa Indonesia Tak Percaya Diri
Amien Rais. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

VIVA.co.id – Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Amien Rais mengatakan, bangsa Indonesia saat ini tidak memiliki rasa percaya diri. Terutama untuk mengelola sumber daya alamnya.

Rasa tak percaya diri itu akhirnya membuat kekayaan alam yang ada di Indonesia justru dikuasai oleh asing. “Padahal, kita itu tidak kalah dengan bangsa lainnya, dan kita merupakan bangsa terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat,” kata Amien usai acara Tabligh Akbar Milad Muhammadiyah ke-107 di Graha ITS Surabaya, Minggu 20 November 2016.

Oleh karena itu, Amien meminta agar bangsa Indonesia mulai meningkatkan rasa percaya dirinya. Sehingga, kedepannya lebih mampu bersaing dengan bangsa lainnya. “Kita selama ini hanya dapat ampasnya saja, sedangkan hasil sumber daya alamnya dinikmati oleh negara lain. Padahal, hal itu sama sekali tidak dikehendaki oleh Alquran,” ujar Amien.

Namun, setelah mampu mengelola kekayaan alam, maka seharusnya hasil pengelolaan itu didistribusikan secara adil kepada masyarakat. Dimana hal itu juga akan memicu tegaknya keadilan sosial, pendidikan, hukum, ekonomi, dan politik.

“Karena kalau tidak dibagikan secara adil, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang ­termehek-mehek. Padahal, ini bagian dari pengamalan Pancasila, yaitu sila kedua, dan kelima,” kata Amien.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP