Pertemuan Jokowi-Prabowo Dinilai Sindiran untuk SBY

Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Istana Negara, Kamis 17 November 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id - Presiden Jokowi kembali menunjukkan keakraban dengan mantan kompetitornya dalam Pemilihan Presiden 2014 lalu, yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Dua tokoh tersebut bertemu di Istana Merdeka pada Kamis, 17 November 2016, kemarin.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Pertemuan Jokowi dan Prabowo tersebut dinilai bukan tanpa alasan. Eks kader Partai Demokrat Tridianto bahkan menghubungkannya dengan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Menurut saya pertemuan itu juga sekaligus sebagai sindiran kepada Pak SBY," kata Tridianto saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat, 18 November 2016.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Orang dekat mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum itu menuturkan bahwa pertemuan di Istana itu digelar sama seperti saat di Hambalang yang lalu yaitu sengaja dilakukan seperti drama terbuka.

"Pasti tujuannya adalah untuk membangun kesan adanya kerukunan di antara kedua tokoh ini," kata dia.

Cerita Warga Hadiri Open House Jokowi: Motoran ke Istana dari Jam 1 Pagi, dan Boyong Sekeluarga

Dalam konteks itu, mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Cilacap itu menilai Jokowi dan Prabowo seolah ingin mengatakan bahwa mereka berteman dekat. Sedangkan kepada SBY tidak.

“Seperti dinyatakan, Anda jauh di sana dan bukan teman," ujarnya.

Lebih lanjut, Tridianto juga meyakini pertemuan Jokowi dan Prabowo itu ada kaitannya dengan kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama. Kemudian soal Pilkada DKI Jakarta dan reaksi-reaksi SBY terhadap langkah Jokowi selama ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto, menilai pertemuan Jokowi dengan Prabowo sebagai hal yang baik. Namun, ia menyarankan agar Jokowi lebih banyak bertemu lagi dengan tokoh-tokoh lainnya salah satunya SBY. Menurut Agus, SBY adalah salah satu negarawan yang sangat handal.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya