TUTUP
TUTUP
POLITIK

Prabowo Jamin Tak Ada Pemakzulan Jokowi

"Bapak Merah Putih, dan saya pegang pada komitmen saya."
Prabowo Jamin Tak Ada Pemakzulan Jokowi
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto (VIVA.co.id/Agus Rahmat)

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 17 November 2016. Prabowo menjamin kepada Jokowi bahwa tak ada upaya pemakzulan terhadap pemerintahan.

"Saya komitmen dari awal, sehari sebelum beliau (Jokowi) dilantik waktu 2014. Saya ucapkan selamat: Anda mendapatkan mandat, saya tidak akan menjegal Bapak. Bapak Merah Putih, dan saya pegang pada komitmen saya," kata Prabowo.

Setelah aksi damai ratusan ribu umat Islam pada 4 November 2016, isu pemakzulan pemerintahan yang sah memang mengemuka. Ada rencana aksi lanjutan pada 25 November 2016 yang berkaitan dengan kasus penistaan agama oleh Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Menurut Prabowo, tidak boleh ada keinginan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah. Ia akan menjaga setiap ada keinginan pihak-pihak tertentu untuk memakzulkan pemerintahan sekarang.

"Kita butuh kesejukan. Indonesia harus bangun, sementara ekonomi global susah, tidak gampang. Jadi kita harus bahu-membahu, bukan kita bebek tapi bahu-membahu. Jadi beliau juga, saya kira, pemerintah butuh kritik tapi tidak destruktif; tidak menjegal," kata Prabowo.

Selama kritik itu bersifat membangun, kata Prabowo, tidak masalah. Ia memahami Jokowi juga tidak ingin pemerintahannya dikritik. Tetapi tetap dalam koridor yang konstruktif.

"Jadi kritik itu, ya, bagus asal tidak destruktif dan tidak mengarah ke kekerasan. Itu yang kita harus hindari sebagai bangsa, dan itu sikap saya," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP