Beranda Talk dan Istimewanya Prabowo Bagi Jokowi

Presiden Jokowi menyambut Prabowo Subianto di Istana Negara beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo tampak sangat mesra dengan Prabowo Subianto. Walau keduanya bersaing sengit pada Pilpres 2014 lalu.

Itu terlihat saat Presiden Jokowi mengundang Prabowo ke Istana Merdeka, Kamis 17 November 2016 siang ini. Walau Partai Gerindra adalah oposisi pemerintahan Presiden Jokowi, namun Jokowi memperlakukan Sang Ketua Umum Gerindra itu sangat istimewa.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Sekitar pukul 13.37 WIB, Prabowo yang mengenakan baju putih masuk ke ruang Credensial Istana Merdeka. Prabowo melalui pintu Wisma Negara. Beda dengan Ketum Golkar, Setya Novanto, yang datang beberapa jam lalu, melalui pintu belakang Istana Negara.

Begitu masuk dan disambut Jokowi, Prabowo langsung memberi hormat. Sementara Jokowi mengulurkan tangan dan keduanya bersalaman sambil cipika cipiki.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Beberapa menit di dalam Istana Merdeka, Jokowi menunjukkan ke Prabowo bagaimana beranda talk, yaitu sebuah beranda di bagian belakang Istana Merdeka. Beranda talk selama Presiden Jokowi menjabat, hanya digunakan untuk menerima tamu negara, apakah itu Presiden, Perdana Menteri atau kepala negara sahabat.

Sementara Prabowo yang Ketum Gerindra dan bahkan oposisi pemerintahan, oleh Jokowi diberi keistimewaan dengan ikut berbincang di beranda talk Istana Merdeka.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Jokowi dan Prabowo, tampak berbincang santai. Beberapa kali Jokowi terlihat menjelaskan sesuatu. Bahkan, tidak jarang keduanya tertawa lepas sambil menyeruput hidangan secangkir teh yang disiapkan di meja, di beranda talk.

"Hari ini saya bertemu kembali Bapak Prabowo di Istana. Ini kunjungan balasan beliau. Saling mengunjungi, saling bersilaturahmi, tradisi yang baik di antara kita. Saya berharap budaya seperti ini sampai ke tengah sampai ke bawah," jelas Jokowi.

“Beranda talk” merupakan simbol kemesraan antara Presiden Jokowi dengan tamunya. Termasuk, saat Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla juga sempat berbincang di beranda talk dan memberi keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya