Merauke Ditetapkan Sebagai Lumbung Pangan Nasional

Anggota Komisi IV DPR RI Saniatul Lativa
Sumber :

VIVA.co.id – Penetapan Kabupaten Merauke, Papua, sebagai lumbung pangan nasional oleh pemerintah, dinilai sudah tepat. Kabupaten Merauke masih memiliki lahan yang sangat luas untuk membuka kembali areal sawah. Potensi pertanian Merauke juga luar biasa.

Ditanya soal Status Keanggotaan Partai Politiknya, Gibran Bilang Begini

Anggota Komisi IV DPR RI Saniatul Lativa mengatakan hal tersebut di Merauke, usai mengikuti rangkaian kunjungan kerja ke kabupaten paling timur Indonesia itu, Sabtu 12 November 2016.

“Merauke punya potensi pertanian yang luar biasa. Sudah tepat pemerintah menetapkan Merauke sebagai lumbung pangan nasional. Belanda sendiri dahulu membangun pengairan sawah di lintang selatan, karena potensinya lebih besar daripada lintang utara,”ujarnya.

Soal Wacana PPP Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Airlangga Sebut Bakal Bahas di Internal KIM

Komisi IV sudah melihat dari dekat pembukaan lahan untuk cetak sawah baru di Distrik Kurik, tepatnya di Kampung Salor, Merauke. Di sektor A ada 163 hektar lahan yang sudah ditanami dari usulan luas lahan 338 hektar. Secara keseluruhan di tiga distrik di irigasi Merauke ada 2000 hektar lahan yang dibuka dan 1.086 hektar diantaranya sudah ditanami. Tinggal persoalan yang dihadapi adalah infrastruktur pertanian seperti irigasi dan jembatan.

Sani menambahkan, Komisi IV akan terus mendorong agar kekurangan yang terlihat di lapangan bisa segera diatasi. Di Distrik Kurik ternyata masih mengandalkan irigasi tadah hujan. Kanal-kanal untuk menampung air hujan di sekitar areal sawah dibangun. Tapi irigasi ini hanya bersifat sementara, tidak bisa untuk jangka panjang. Harus dibangun sistem irigasi terpadu.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

“Kalau menurut ahli, air harus diambil dari Kabupaten Boven Digul yang bersebelahan. Memang anggarannya untuk proyek ini sangat besar. Tapi, harus kita pikirkan, kalau ini berhasil, hasilnya pun sangat besar dan manfaat ekonomi bagi masyarakat di sini sangat luar biasa,” ujar politisi Partai Golkar itu. (www.dpr.go.id)

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Bobby Nasution mengatakan selain secara lisan seperti Golkar juga memberikan surat penugasan untuk maju di Pilgub Sumatera Utara. Tapi, dia enggan menyebut partai lainnya

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024