Safari Markas TNI-Polri, Jokowi Ingin Pastikan Semua Loyal

Presiden Jokowi saat meninjau Kepulauan Natuna di atas KRI Imam Bonjol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres-Krishadiyanto

VIVA.co.id – Dalam sepakan ini, Presiden Jokowi mengunjungi markas pasukan TNI maupun Polri. Mulai dari pengarahan ke Markas Besar TNI Angkatan Darat pada Senin 7 November 2016. Keesokan harinya, Selasa 8 November Presiden memberi arahan ke pejabat dan anggota Polri.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Kamis 10 November 2016, Jokowi melakukan konsolidasi pasukan di Markas Komando Pasukan Khusus atau Kopassus TNI. Lalu pada Jumat 11 November, Jokowi kembali memimpin apel pasukan Brimob Polri hingga Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Jokowi kemudian menjelaskan alasan safari ke markas TNI dan Polri yang dilakukannya beberapa hari ini pascademonstrasi 4 November 2016.  

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

"Pertama memang saya belum pernah mengunjungi prajurit-prajurit saya sebagai panglima tertinggi. Kedua, dalam ketatanegaraan kita saya ingin memastikan bahwa semuanya loyal pada negara, setia pada Pancasila pada UUD 1945 pada NKRI dan Kebhinekaan kita," kata Jokowi dalam keterangan pers di Mako Marinir, Cilandak Jakarta Timur, Jumat 11 November 2016.

Untuk itu, Jokowi mengatakan sebagai Panglima Tertinggi, ia hanya ingin mengecek kesiapan pasukan TNI dan Polri sebagai ujung tombak pertahanan dan keamanan negara.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Sehingg kalau ketemu dekat seperti ini kita rasakan prajurit kita siap. Memastikan itu saja," kata Jokowi.

Presiden Jokowi di HUT Golkar ke-58

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Kabar Presiden Jokowi bergabung ke Golkar, kembali mencuat. Setelah elit PDIP menyebut, Jokowi bukan lagi bagian dari partai itu setelah beda pilihan selama Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024