TUTUP
TUTUP
POLITIK

Terpilihnya Trump, Pemerintah Indonesia Perlu Sikapi Dua Hal

Soal Palestina dan Trans-Pacific Partnership (TPP).
Terpilihnya Trump, Pemerintah Indonesia Perlu Sikapi Dua Hal
Palestina. (U-Report)

VIVA.co.id – Terpilihnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diharapkan menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Anggota Komisi I DPR Zainuddin Amali, mengatakan, dua persoalan yang perlu dicermati terkait terpilihnya Trump adalah masalah Palestina dan rencana kemitraan Indonesia melalui Trans-Pacific Partnership (TPP).

Amali mengatakan, pada masa Presiden Barack Obama, progres pengakuan atas Palestina sudah mengalami kemajuan. Namun, Amali khawatir bahwa Trump tidak akan mau melanjutkan penyelesaian masalah Israel dan Palestina itu.

"Apakah nanti pada masa Donald Trump ini akan buyar lagi, karena kemarin ada statement Menteri Pendidikan Israel Naftali Bennett yang merasa senang dengan terpilihnya Donald Trump bahwa urusan Palestina pasti berhenti," kata Amali di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 11 November 2016.

Kekhawatiran Amali itu didasarkan pada ucapan-ucapan di kampanye Trump yang dinilai tidak berpihak pada permasalahan seperti yang terjadi di Palestina. "Kalau kita lihat kampanye-kampanyenya bisa jadi benar apa yang disampaikan menteri pendidikan Israel itu. Padahal, pada zaman Obama itu sudah hampir terwujudkan," ujarnya.

Sementara itu, lainnya adalah terkait TPP. Trump dinilai akan bisa meninjau kembali TPP. Padahal, Indonesia juga berencana masuk dalam gerbong negara ekonomi yang dibentuk AS itu. 

"Dia (Trump) tidak setuju (keberadaan TPP) itu dan bagaimana posisi Indonesia yang sedang berusaha berada dalam TPP itu. Nah, ini dua hal yang perlu kita cermati hari-hari ke depan," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP