Safari Jokowi ke Markas TNI-Polri Dinilai Wajar

Presiden Jokowi di tengah pasukan Kopassus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Tantowi Yahya menilai, kunjungan Presiden Jokowi ke markas Kopassus kemarin sebagai kunjungan biasa yang sangat wajar dilakukan Presiden.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

"Tapi menjadi istimewa karena dilaksanakan pada peringatan Hari Pahlawan," kata Tantowi saat dihubungi pada Jumat 11 November 2016.

Saat ditanya jikalau hal itu dilakukan Presiden menyikapi potensi aksi susulan dari demo 4 November 2016, Tantowi tak ingin menilai terlalu jauh. Kunjungan Jokowi ke markas-markas pasukan TNI dan polisi justru dianggap tepat berkaitan dengan momen Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2016.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Senada dengan Tantowi, Anggota Komisi I DPR Fraksi Demokrat, Syarief Hasan menilai, bahwa kunjungan Jokowi tersebut merupakan upayanya untuk bisa menjaga keamanan dan ketenteraman bagi rakyat.  

"Ingin mendudukkan, meyakinkan bahwa semua aparat berfungsi sesuai tupoksinya masing-masing. Jadi saya pikir langkah Presiden ini positif saja," kata Syarief Hasan.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Dia menilai, TNI memang bisa digerakkan Presiden dan sudah sepatutnya loyal kepada kepala negara.

"Demokrat juga dukung Jokowi. Kita juga inginkan agar pemerintahan ini bisa melakukan tugas-tugasnya hingga 2019 untuk kepentingan rakyat. Jadi apa yang dilakukan Jokowi sudah sepantasnya," kata Syarief menambahkan.

Sebelumnya Presiden Jokowi kembali memberi arahan kepada 1.217 prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI di Mako Kopassus, Cijantung Jakarta Timur, Kamis 10 November 2016. Sementara hari ini Presiden Jokowi mengunjungi Mako Brimob di Depok, Jawa Barat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya