TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK

Demokrat Melawan, Forum Alumni HMI Dilaporkan Balik

Alumni HMI dituding membuat pegaduan palsu terhadap SBY
Demokrat Melawan, Forum Alumni HMI Dilaporkan Balik
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar jumpa pers di kediamannya di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Juga menanggapi rencana unjuk rasa pada 4 November 2016 menda (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

VIVA.co.id – Partai Demokrat akan melaporkan forum alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke Kepolisian atas tudingan pelaporan palsu. Langkah ini sebagai respons atas pelaporan terhadap Susilo Bambang Yudhoyono yang dituduh memicu provokasi atas kericuhan dalam demo 4 November 2016.

Amir Syamsudin, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat bahkan menyebut, mereka akan melaporkan alumni HMI itu pada Jumat, 11 November 2016 ke Bareskrim Polri. "Atas dugaan pelanggaran pasal 317 KUHP tentang pengaduan dan pemberitahuan palsu dengan ancaman hukuman empat tahun penjara," kata Amir melalui pesan singkat.

Pelaporan ini akan diwakili oleh kader Demokrat Didi Irawadi sebagai Kepala Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat. (Baca: Forum Alumni HMI Laporkan SBY ke Bareskrim Polri)

Aksi saling lapor balik ini, bermula dari laporan forum alumni HMI ke Bareskrim Polri dengan terlapor Ketua Umum Partai Demokrat SBY. Mantan presiden Indonesia keenam itu dituding membuat provokasi dan membuat hasutan kebencian terhadap etnis tertentu.

Hal itulah yang kemudian dianggap menjadi pemicu utama terjadinya kerusuhan yang dilakukan oleh sejumlah kader HMI dalam demo kasus dugaan penistaan agama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang digelar sejumlah ormas Islam Indonesia pada Jumat, 4 November 2016.

(mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP