Demokrat Melawan, Forum Alumni HMI Dilaporkan Balik

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Partai Demokrat akan melaporkan forum alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke Kepolisian atas tudingan pelaporan palsu. Langkah ini sebagai respons atas pelaporan terhadap Susilo Bambang Yudhoyono yang dituduh memicu provokasi atas kericuhan dalam demo 4 November 2016.

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Amir Syamsudin, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat bahkan menyebut, mereka akan melaporkan alumni HMI itu pada Jumat, 11 November 2016 ke Bareskrim Polri. "Atas dugaan pelanggaran pasal 317 KUHP tentang pengaduan dan pemberitahuan palsu dengan ancaman hukuman empat tahun penjara," kata Amir melalui pesan singkat.

Pelaporan ini akan diwakili oleh kader Demokrat Didi Irawadi sebagai Kepala Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat. (Baca: )

Kesal dengan PSI, Demokrat Minta Jangan Seret SBY

Aksi saling lapor balik ini, bermula dari laporan forum alumni HMI ke Bareskrim Polri dengan terlapor Ketua Umum Partai Demokrat SBY. Mantan presiden Indonesia keenam itu dituding membuat provokasi dan membuat hasutan kebencian terhadap etnis tertentu.

Hal itulah yang kemudian dianggap menjadi pemicu utama terjadinya kerusuhan yang dilakukan oleh sejumlah kader HMI dalam demo kasus dugaan penistaan agama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang digelar sejumlah ormas Islam Indonesia pada Jumat, 4 November 2016.

HMI Dukung Aturan Menag soal Suara Toa Masjid, Ini Alasannya

(mus)

SBY di acara rapat pimpinan nasional Partai Demokrat 2022

Kekuatan SBY dan Ancaman Anas-Moeldoko

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dijadwalkan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2023