TUTUP
TUTUP
POLITIK

Mendagri: Soal Trump, Kedaulatan di Tangan Rakyat

Meskipun kampanye Trump sebelumnya kotor dan menghujat pihak tertentu.
Mendagri: Soal Trump, Kedaulatan di Tangan Rakyat
Mendagri Tjahjo Kumolo. (VIVA.co.id/ Moh. Nadlir.)

VIVA.co.id - Donald  Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45. Sosok Trump selama ini dikenal kontroversial. Meski begitu, nyatanya pengusaha yang maju melalui Partai Republik itu tetap melenggang ke Gedung Putih.

Hampir seluruh masyarakat di dunia membicarakan kesuksesan Trump tersebut, tak terkecuali Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Dia mengakui Trump memang sosok yang banyak menuai pro dan kontra. Sebab, tak jarang Trump melontarkan pernyataan-pernyataan yang kotor dalam masa kampanye lalu.

"Kampanyenya hampir mirip di Indonesia, kata kampanye (Trump) yang kotor, menghujat. Tapi tetap kedaulatan ada di tangan masyarakat (untuk memilih)," ujar Tjahjo di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Kamis 10 November 2016.

Menurut Tjahjo, pengamat, lembaga survei, boleh-boleh saja memprediksi bahwa Trump akan kalah oleh calon Presiden Amerika Serikat lainnya yakni Hillary Clinton dari Partai Demokrat. Namun nyatanya, Trump tetap berhasil memikat hati rakyat negeri "Paman Sam" tersebut.

"Lembaga survei dan pengamat boleh-boleh saja (prediksi), tapi kan ternyata masyarakat lebih memilih seorang tokoh yang kontroversial. Itu harus kita hormati dan langsung menyampaikan ucapan selamat," ujar Tjahjo.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu pun mengapresiasi pernyataan Presiden Jokowi atas kemenangan Trump dalam pemilihan presiden Amerika Serikat itu.

"Saya kira sudah tepat bahwa Presiden menyampaikan atas nama negara bangsa Indonesia mengucapkan selamat. Siapapun pemimpin negara (Amerika) kita hormati. Yang penting saling meningkatkan kerja sama, saling menghargai sebagai negara yang merdeka dan berdaulat."

(mus) 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP