TUTUP
TUTUP
POLITIK

Legislator PDIP Sebut Dampak Mengerikan Kemenangan Trump

Kemenangan Trump yang dikenal rasialis bisa berdampak ke Indonesia.
Legislator PDIP Sebut Dampak Mengerikan Kemenangan Trump
Politikus PDIP, Eva Kusuma Sundari (kanan). (Antara/ Widodo S Jusuf)

VIVA.co.id - Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) DPR RI, Eva Sundari, menyebut dampak mengerikan kemenangan Donald Trump dalam Pemilu Presiden Amerika Serikat tahun 2016. Kemenangan Trump yang dikenal rasialis itu disebut bisa berdampak ke Indonesia.

"Trump menang, dampaknya lesu pasar. Tapi lebih daripada itu, value (nilai atau visi) yang dibawa Trump mengerikan," kata Eva kepada wartawan di kompleks Parlemen di Jakarta pada Rabu, 9 November 2016.

Eva berpendapat, kepemimpinan Trump yang antiminoritas, dan situasi sebagian masyarakat Indonesia yang juga kerap menyerang minoritas, maka bisa terjadi aksi saling balas.

"Kalau di sana yang menang Trump, di mana di sana anti-Islam, di sini antiminoritas oleh kelompok Islam, bisa menjadi kanalisasi balas dendam terhadap yang di sana," ujar Eva.

Dia mencontohkan peristiwa di Rohingya yang juga berdampak ke Indonesia. Eva mengingatkan, konflik suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) memang tidak mengenal akal sehat.

"Kita juga tahu dampak dari Rohingya juga berdampak di sini, di mana beberapa vihara dihajar dan sebagainya. Enggak rasional. Kalau urusan SARA, kan, enggak rasional," katanya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP