Legislator PDIP Sebut Dampak Mengerikan Kemenangan Trump

Politikus PDIP, Eva Kusuma Sundari (kanan).
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id - Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) DPR RI, Eva Sundari, menyebut dampak mengerikan kemenangan Donald Trump dalam Pemilu Presiden Amerika Serikat tahun 2016. Kemenangan Trump yang dikenal rasialis itu disebut bisa berdampak ke Indonesia.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Trump menang, dampaknya lesu pasar. Tapi lebih daripada itu, value (nilai atau visi) yang dibawa Trump mengerikan," kata Eva kepada wartawan di kompleks Parlemen di Jakarta pada Rabu, 9 November 2016.

Eva berpendapat, kepemimpinan Trump yang antiminoritas, dan situasi sebagian masyarakat Indonesia yang juga kerap menyerang minoritas, maka bisa terjadi aksi saling balas.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Kalau di sana yang menang Trump, di mana di sana anti-Islam, di sini antiminoritas oleh kelompok Islam, bisa menjadi kanalisasi balas dendam terhadap yang di sana," ujar Eva.

Dia mencontohkan peristiwa di Rohingya yang juga berdampak ke Indonesia. Eva mengingatkan, konflik suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) memang tidak mengenal akal sehat.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

"Kita juga tahu dampak dari Rohingya juga berdampak di sini, di mana beberapa vihara dihajar dan sebagainya. Enggak rasional. Kalau urusan SARA, kan, enggak rasional," katanya. (ase)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022