TUTUP
TUTUP
POLITIK
Indonesia Hari Ini

7-11-1945: Partai Masyumi Berdiri

Partai Masyumi merupakan partai umat Islam.
7-11-1945: Partai Masyumi Berdiri
Soekarno, Pemilu 1955 (Arsip Nasional)

VIVA.co.id – Hari ini, 71 tahun silam merupakan hari bersejarah bagi umat Islam Indonesia. Sebuah partai politik yang mewadahi aspirasi perjuangan didirikan. Partai Masyumi didirikan pada 7 November 1945.

Pembentukan partai ini dilakukan di Yogyakarta dalam rangkaian Kongres atau Muktamar Umat Islam Indonesia pada 7-8 November 1945. Beberapa hari sebelumnya, pemerintah baru saja mengeluarkan Maklumat yang ditandatangani Wakil Presidah Moh Hatta tentang pendirian partai politik.

Masyumi disepakati sebagai satu-satunya partai politik bagi umat Islam. Empat organisasi yang masuk Masyumi pada awalnya adalah, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Perikatan Ummat Islam, dan Persatuan Umat Islam. Setelah itu bergabung sejumlah ormas lain.

Pengurus awal Masyumi adalah, KH Hasyim Asyari sebagai Ketua Majelis Syuro didampingi putranya, KH Abdul Wahid Hasyim sebagai wakil. Adapun ketua partai dijabat Sukiman.

Dalam kiprahnya, Masyumi sempat menjadi partai pemerintah dengan menempatkan kadernya sebagai Perdana Menteri. Muhammad Natsir merupakan Perdana Menteri Pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun, dinamika politik kemudian membuat partai besar umat Islam itu tersisih. Masyumi resmi dilarang oleh Pemerintah di bawah Presiden Soekarno pada 1960.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP