TUTUP
TUTUP
POLITIK

Pengamat Ungkap Peta Kelompok Demonstran 4 November

Ada empat kelompok yang ikut dalam aksi massa.
Pengamat Ungkap Peta Kelompok Demonstran 4 November
Pengunjuk rasa melintas dekat kobaran api saat unjuk rasa 4 November di Jakarta/Foto ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

VIVA.co.id – Direktur Eksekutif Indobarometer, Muhammad Qodari, menilai, terdapat beberapa kelompok yang diduga menjadi peserta aksi demo 4 November 2016. Ia menganalisis bahwa setidaknya ada empat golongan atau kategori yang dapat dianggap sebagai demonstran.

"Kloter malam (ricuh) itu dari kelompok kaum miskin kota. Salah satu dari empat kelompok. Kelompok dua adalah kelompok lawan politik Jokowi. Kita tahu lah siapa yang sering berbeda pendapat dengan Presiden,” kata Qodari, di Warung Daun Cikini, Jakarta.

Sementara itu, kelompok tiga, menurut Qodari, adalah pihak yang merasa diuntungkan apabila Gubernur DKI Jakarta, nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kena masalah dan mundur dari pencalonan. Selanjutnya, kelompok empat adalah masyarakat yang ingin mengajukan tuntutan hukum.

Selain soal kelompok masyarakat, Qodari juga mengomentari jumlah massa yang menurutnya jauh dari jumlah yang disebutkan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sebelumnya.
 
"Saya dapat data dari polisi, peserta aksi itu sekitar 140 ribu. Fahri Hamzah bilang ini demo paling besar. Yang hadir 150 ribu sampai 1 juta. Jadi mengenai jumlah peserta ada gradasi soal jumlah pengunjuk rasa," ujarnya.

Dia menyebutkan, dari empat kelompok tersebut memang jelas banyak yang bukan berasal dari Jakarta. Kelompok yang dari daerah adalah yang melakukan aksi mulai pagi hingga siang hari. Sementara itu, massa malam yang terlibat ricuh yang merupakan kelompok miskin kota perlu dipertanyakan motifnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP