Ricuh di Demo 4 November, Fadli Zon Salahkan Jokowi

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menyayangkan terjadinya kericuhan pada saat demonstrasi Jumat malam, 4 November 2016. Ia menilai bahwa salah satu faktor penyebab kericuhan akibat Presiden Jokowi yang tak menemui perwakilan demonstran.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Fadli Zon menilai, seandainya Presiden Jokowi mau menemui perwakikan demonstran, maka tak akan ada kericuhan.

"Saya sayangkan Presiden tak menerima delegasi demonstran. Kalau semalam menemui demontran, saya kira enggak akan ricuh," ujar Fadli di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu, 5 November 2016.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Ia juga menilai bahwa Presiden Jokowi telah melakukan aksi diskriminatif ketika memilih untuk tak menemui demonstran. Namun di sisi lain, Jokowi lebih memilih menemui pihak-pihak yang tak begitu berkepentingan.

Diketahui, di saat ratusan ribu umat Islam berunjuk rasa menuntut proses hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas dugaan penistaan agama, Jokowi justru melakukan inspeksi mendadak ke Bandara Soekarno-Hatta. Jokowi memantau pembangunan jalur kereta ke bandara.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

"Ini juga diskriminasi dari Jokowi. Perhatian di dunia maya lebih besar daripada dunia nyata, Youtuber ditemui, ibu-ibu pemilik warung yang dirazia Satpol PP ditemui. Itu semua kan awalnya viral dari dunia maya. Sedangkan demonstran ratusan ribu yang nyata tak ditemui," katanya.

Sementara itu, Polri hari ini telah merilis pemicu keributan yang sempat terjadi di depan Istana Merdeka. Menurut Kepolisian, diduga memang ada pihak atau kelompok tertentu yang sengaja tak mau membubarkan diri dan malah memprovokasi barikade dengan menggunakan bambu runcing.

Sebagian besar massa yang melakukan aksi sejak pagi sebenarnya sudah meninggalkan lokasi demonstrasi di Kawasan Silang Monas tersebut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya