TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK

Presiden Utus Wiranto dan Lukman Hakim Terima Demonstran

"Saya dan beberapa menteri mewakili pemerintah," kata Menteri Agama.
Presiden Utus Wiranto dan Lukman Hakim Terima Demonstran
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (VIVA.co.id/M Ali Wafa)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengutus Menteri Agama dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) untuk menemui perwakilan demonstran di Istana Negara, Jakarta, 4 November 2016.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan siap untuk mendengarkan aspirasi dari para demonstran yang menuntut agar polisi menangkap Ahok.

"Saya dan beberapa menteri itu diminta mewakili pemerintah untuk menerima, menemui para delegasi itu untuk menerima apa aspirasi yang mereka akan sampaikan," kata Lukman di Jakarta, Jumat 4 November 2016.

Politikus PPP itu menyebut bahwa sebetulnya tuntutan demonstran yakni proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, sudah berjalan. Namun, dia mengakui bahwa dialog antara pemerintah dengan massa demonstran memang perlu dilakukan untuk menyamakan pemahaman.

"Pemerintah sadar menengahi sengketa apakah yang bersangkutan sudah menodai agama atau tidak, itu hukum yang jawab. Kita harus komitmen tunduk dan patuhi hasil hukum. Apa pun keputusan hakim melalui pengadilan, kita harus tunduk dan menghormatinya," kata Lukman.

Menko Polhukam Wiranto menyebut bahwa yang menemui perwakilan adalah menteri lantaran Presiden Joko Widodo sedang melakukan peninjauan kerja di beberapa lokasi di Banten dan sekitarnya.

"Kalau memang ingin berbicara dengan pemerintah, saya secara resmi sudah merupakan perwakilan pemerintah. Bukan hanya saya tapi beberapa menteri terkait ada Mensesneg, Seskab, Menteri Agama. Saya kira sudah representasi dari pemerintah sedangkan dari legislatif ada perwakilan dari DPR," kata Wiranto.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP