TUTUP
TUTUP
POLITIK
Indonesia Hari Ini

4-11-1954: Tokoh Nasional Agus Salim Meninggal Dunia

Agus Salim merupakan salah satu pendiri bangsa Indonesia.
4-11-1954: Tokoh Nasional Agus Salim Meninggal Dunia
Ilustrasi Taman Makam Pahlawan. (http://www.radar-bogor.co.id)

VIVA.co.id - Pada 62 tahun yang lalu, bangsa Indonesia berduka. Salah satu tokoh pendiri negara ini, Agus Salim, meninggal dunia di Jakarta pada usia 70 tahun.

Agus lahir pada 8 Oktober 1884 di Sumatera Barat. Atas jasa-jasanya, Presiden Soekarno menganugerahi gelar pahlawan nasional pada 1961.

Nama Agus Salim mulai berkibar di pentas politik nasional saat bergabung dengan Sarekat Islam (SI), organisasi massa modern yang dipimpin oleh Tjokroaminoto, pada 1915. Di sana, ia juga terlibat gesekan dengan tokoh kiri seperti Semaun.

Pada 1923, SI pecah menjadi dua, SI Putih, dan SI Merah. Agus bergabung dengan SI Putih. Sedangkan SI Merah dikomandoi oleh Semaun, yang di kemudian hari berubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).

Selain SI, Agus yang memiliki nama lahir Mashudul Haq itu juga tercatat sebagai pendiri Jong Islamieten Bond.

Jelang kemerdekaan, ia menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Setelah merdeka, Agus menjabat di sejumlah lembaga tinggi pemerintahan seperti anggota Dewan Pertimbangan Agung, Menteri Muda Luar Negeri dalam Kabinet Syahrir I dan II, Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Amir Sjarifuddin, Hatta.

Setelah menjalani kehidupannya yang penuh prestasi dan teladan, Agus menghembuskan napasnya yang terakhir pada 4 November 1954 di Jakarta. Ia kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP