Indonesia Hari Ini

4-11-1954: Tokoh Nasional Agus Salim Meninggal Dunia

Ilustrasi Taman Makam Pahlawan.
Sumber :
  • http://www.radar-bogor.co.id

VIVA.co.id - Pada 62 tahun yang lalu, bangsa Indonesia berduka. Salah satu tokoh pendiri negara ini, Agus Salim, meninggal dunia di Jakarta pada usia 70 tahun.

Kisah Chalid Salim, Adik KH Agus Salim yang Memilih Agama Katolik

Agus lahir pada 8 Oktober 1884 di Sumatera Barat. Atas jasa-jasanya, Presiden Soekarno menganugerahi gelar pahlawan nasional pada 1961.

Nama Agus Salim mulai berkibar di pentas politik nasional saat bergabung dengan Sarekat Islam (SI), organisasi massa modern yang dipimpin oleh Tjokroaminoto, pada 1915. Di sana, ia juga terlibat gesekan dengan tokoh kiri seperti Semaun.

Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Pada 1923, SI pecah menjadi dua, SI Putih, dan SI Merah. Agus bergabung dengan SI Putih. Sedangkan SI Merah dikomandoi oleh Semaun, yang di kemudian hari berubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).

Selain SI, Agus yang memiliki nama lahir Mashudul Haq itu juga tercatat sebagai pendiri Jong Islamieten Bond.

Sosok Ratu Kalinyamat, Pahlawan Nasional Wanita yang Gagah Berani Melawan Portugis

Jelang kemerdekaan, ia menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Setelah merdeka, Agus menjabat di sejumlah lembaga tinggi pemerintahan seperti anggota Dewan Pertimbangan Agung, Menteri Muda Luar Negeri dalam Kabinet Syahrir I dan II, Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Amir Sjarifuddin, Hatta.

Setelah menjalani kehidupannya yang penuh prestasi dan teladan, Agus menghembuskan napasnya yang terakhir pada 4 November 1954 di Jakarta. Ia kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Willem Schermerhorn (Perdana Menteri Belanda 1945-1946) dan Chalid Salim

Sosok Ini yang Membuat Adik KH Agus Salim Tertarik Masuk Katolik

Adik pahlawan nasional Kiai Haji (KH) Agus Salim, yakni Chalid Salim mantap memeluk agama Katolik usai pertemuannya dengan seorang laki-laki asal Digul, Papua pada 1941.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024