Fahri Hamzah Kritik Penahanan Dahlan Iskan

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan).
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritik upaya penahanan yang dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur terhadap mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Sekalipun, penahanan terhadap Dahlan Iskan kini dialihkan menjadi tahanan kota.

Dahlan Iskan Digugat 9 Mantan Karyawan Jawa Pos

Menurut Fahri, kasus korupsi yang menjerat Dahlan Iskan, termasuk Irman Gusman sejatinya belum sempurna. Sebab, penyidik belum mengantongi hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kerugian negara dari proyek-proyek yang ditengarai terjadi korupsi.

"Tak usahlah show harus nahan-nahan orang. Buat apa?" kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 1 November 2016.

Pelindo Beli Tol Cibitung-Cilincing, Simak Analisis Dahlan Iskan

Ia mencontohkan di negara-negara maju, menahan sudah dianggap melanggar HAM ketika belum ada putusan pengadilan. Sehingga menurutnya biar saja yang bersangkutan tetap bebas. Tapi ketika ada hukuman pengadilan baru dihukum.

"Jadi negara kita ini harus menjadi negara yang lebih beradab memandang hukum itu. Jangan ini ada unsur balas dendam, tahan saja dahulu, biar dia tahu diri, tahu rasa. Tak gitu hukum itu. Hukum itu bukan menyasar orang yang salah apalagi orang yang keliru. Orang yang disasar hukum itu penjahat," kata Fahri.

Lagi, Berkas Kasus Pelecehan Siswa di Batu Diserahkan ke Kejaksaan

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur akhirnya mengabulkan permohonan penangguhan penahanam terhadap mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, yang diajukan anggota keluarganya. Kesehatan Dahlan mendadak buruk seusai diperiksa di Kejati Jatim Senin sore, 31 Oktober 2016.

Anggota keluarga Dahlan mengajukan surat penangguhan penahanan. Keluarga besarnya, istri, anak, dan menantunya jadi penjamin. Rekam medis dokter juga disertakan dalam surat. Kejaksaan baru mengeluarkan keputusan pada Senin malam pukul 21.00 WIB.

Kajati Jatim Mia Amiati (berbaju kuning) saat pisah-sambut.

Jaksa Cantik Mia Amiati Resmi Jabat Kajati Jatim

Jaksa yang dikenal berparas cantik itu menggantikan posisi M Dofir yang dimutasi menjadi Sekretaris Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022