Arti di Balik Menunggang Kuda Ala Jokowi dan Prabowo

Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto.
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo ke kediaman Prabowo Subianto, mantan pesaingnya dalam pemilihan Presiden 2014, mempunyai beberapa makna yang penting untuk situasi negara.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Pertama, Jokowi dan Prabowo dinilai mampu mengatasi egonya masing-masing untuk kepentingan yang lebih besar untuk bangsa dan negara. Kedua, Jokowi menunjukkan kerendahan hati untuk berbicara dengan figur yang tepat, untuk bersama meredakan berbagai ketegangan politik.

"Ini menunjukkan intuisi politik yang tajam," kata Andreas lewat pesan tertulisnya pada VIVA.co.id.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Ketiga, kata Andreas, reaksi Prabowo yang penuh persahabatan menyambut Jokowi menunjukkan sikap kenegarawanan. Keempat, pertemuan kemudian diekspresikan dengan sikap yang sama dalam memandang demonstrasi sebagai ekspresi kehendak rakyat.

"Paling tidak memberi kesejukan di tengah isu-isu demo besar pada 4 November," ujar Andreas.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Terakhir, Andreas juga menyinggung soal aksi menunggang kuda bersama yang dilakukan oleh Jokowi dan Prabowo. Hal itu dinilai sebagai simbol agar masyarakat tidak tegang dalam menghadapi situasi perpolitikan saat ini.

"Diakhiri dengan bersama menunggang kuda menunjukkan bahwa upaya kedua pemimpin ini untuk mau saling memahami, dan mengajak rakyat pun lebih relaks menghadapi situasi ini," kata dia.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024