TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK

Arti di Balik Menunggang Kuda Ala Jokowi dan Prabowo

Jokowi mendatangi kediaman Prabowo, Senin siang kemarin.
Arti di Balik Menunggang Kuda Ala Jokowi dan Prabowo
Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto. (ANTARA/Puspa Perwitasari)

VIVA.co.id – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo ke kediaman Prabowo Subianto, mantan pesaingnya dalam pemilihan Presiden 2014, mempunyai beberapa makna yang penting untuk situasi negara.

Pertama, Jokowi dan Prabowo dinilai mampu mengatasi egonya masing-masing untuk kepentingan yang lebih besar untuk bangsa dan negara. Kedua, Jokowi menunjukkan kerendahan hati untuk berbicara dengan figur yang tepat, untuk bersama meredakan berbagai ketegangan politik.

"Ini menunjukkan intuisi politik yang tajam," kata Andreas lewat pesan tertulisnya pada VIVA.co.id.

Ketiga, kata Andreas, reaksi Prabowo yang penuh persahabatan menyambut Jokowi menunjukkan sikap kenegarawanan. Keempat, pertemuan kemudian diekspresikan dengan sikap yang sama dalam memandang demonstrasi sebagai ekspresi kehendak rakyat.

"Paling tidak memberi kesejukan di tengah isu-isu demo besar pada 4 November," ujar Andreas.

Terakhir, Andreas juga menyinggung soal aksi menunggang kuda bersama yang dilakukan oleh Jokowi dan Prabowo. Hal itu dinilai sebagai simbol agar masyarakat tidak tegang dalam menghadapi situasi perpolitikan saat ini.

"Diakhiri dengan bersama menunggang kuda menunjukkan bahwa upaya kedua pemimpin ini untuk mau saling memahami, dan mengajak rakyat pun lebih relaks menghadapi situasi ini," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP