Bahas RUU Pemilu, Ketua DPR Akan Temui Ketua Fraksi

Ketua DPR RI, Ade Komarudin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Ketua DPR Ade Komarudin akan mengadakan pertemuan informal dengan para ketua fraksi pada masa reses ini terkait rancangan undang-undang (RUU) Pemilu. Sebabnya, daftar inventarisasi masalah (DIM) sudah harus siap pada masa sidang berikutnya.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

"Saya mau tanya kira-kira bagaimana, ini kan kebutuhan bersama. Supaya lebih efektif tapi tetap dalam dan berkualitas," kata Ade di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 31 Oktober 2016.

Dalam pertemuan tersebut nantinya, ia akan mendiskusikan hal-hal mengenai batas waktu pembahasan dan sikap politik terhadap RUU Pemilu ini.

DPR Tetapkan 33 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2021, Tak Ada RUU Pemilu

"Ini tak bisa diserahkan hanya oleh pimpinan fraksi. Semua parpol. Standing position-nya masing-masing kita harus tahu. Soal sikap ini lebih baik kita diskusi dahulu tapi kasih batas sampai kapan," kata Ade.

Menurutnya, jadwal pembahasan RUU Pemilu harus betul-betul disepakati. Sehingga RUU ini bisa selesai pada saatnya. Sebab, kepentingannya sebagai pimpinan DPR memastikan RUU ini bisa sesuai target yang ada.

UU Pemilu Tidak Masuk Prolegnas, PKS Ngotot Direvisi

Sebelumnya, Rapat Paripurna ke-12 DPR penutupan masa sidang pertama tahun sidang 2016-2017 mengumumkan susunan nama anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu.

Pembahasan RUU Pemilu ini harus tertunda dengan reses DPR sejak 28 Oktober hingga 16 November 2016. Memasuki awal masa sidang, pansus akan memilih lebih dahulu pimpinannya dan masuk ke dalam pembahasan substansi RUU.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

Ada sebanyak 48 undang-undang yang yang dimohonkan pengujiannya di MK tahun 2021. UU Pemilu dan UU Cipta Kerja paling banyak digugat

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022