TUTUP
TUTUP
POLITIK

RUU Pemilu, Politisi PKS: Ambang Batas Parlemen Perlu Naik

PKS ingin kenaikan ambang batas dilakukan secara berangsur-angsur.
RUU Pemilu, Politisi PKS: Ambang Batas Parlemen Perlu Naik
Ilustrasi/Gedung MPR DPR RI

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi PKS Al Muzzammil Yusuf menilai, ambang batas parlemen dalam rancangan undang-undang (RUU) Pemilu perlu dinaikkan secara gradual atau berangsur-angsur.

"Dari dulu kami memilih kenaikan yang gradual. Dari 1999 (sebesar) 2,5 persen, naik ke 3,5 persen. Saya kira itu wajar-wajar saja tapi kalau langsung ya berbeda pandangan. Kalau PKS memilih kenaikan yang gradual lah," kata Muzzammil di gedung DPR, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2016.

Ia mengatakan kenaikan gradual yang tepat dari aturan sebelumnya 3,5 persen bisa mencapai 4,5 hingga 5 persen. Untuk angka pastinya ia masih memerlukan sejumlah kajian.

"Kita kan ada partai-partai, termasuk partai baru. Saya tidak tahu yang lolos berapa partai baru. Jadi gradual ini tidak hanya melihat partai lama, tapi dengan partai baru juga. Kalau terlalu tinggi ya terlalu jauh," kata Muzzammil.

Ia menjelaskan dengan ambang batas parlemen 3,5 persen seperti saat ini jumlah partai di DPR saja sudah mencapai 10 partai. Kalau ambang batas dinaikkan maka kemungkinan jumlah partai akan turun.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP