Sumpah Pemuda Jadi Momentum Semangat Menjaga Indonesia

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra
Sumber :

VIVA.co.id – Hari sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober seyogyanya menjadi momentum dalam menumbuh kembangkan semangat menjaga Indonesia bagi para pemuda Indonesia. Peringatan sumpah pemuda jangan dimaknai hanya sekedar seremonial tahunan dan retorika kebangsaan tanpa makna.

Video Musik Sabang Merauke, Wujudkan Semangat Sumpah Pemuda

“Semangat menjaga Indonesia merupakan suatu gerakan untuk memberi ruang dalam sanubari anak bangsa untuk mencintai dan menjaga kebhinekaan bangsa dalam satu kesadaran kolektif,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra, Jumat 28 Oktober 2016.

Menurut Anggota Dewan dari Fraksi Partai Gerindra itu, sikap yang dapat ditunjukkan dalam menjaga Indonesia itu bisa dengan menjaga kedaulatan dan persatuan bangsa, menghormati kemajemukan, menghargai perbedaan dan mengisinya dengan produktivitas di bidang pengabdian masing-masing.

Prananda Ajak Milenial Kasih Kontrubusi ke Negara Buat Akhiri Pandemi

“Dalam momentum peringatan ini, isu menjaga Indonesia terasa penting di tengah situasi bangsa yang mengalami gejala perpecahan. Kebhinekaan kita seolah terusik dengan kasus penistaan agama pernah terjadi beberapa waktu lalu,” kata Sutan.

Sutan menambahkan, makna dari kata menjaga Indonesia jug adalah menjaga kekayaan alam bangsa dari caplokan bangsa lain. Menjaga Indonesia dari hilangnya kepemilikan pulau, laut, udara dan sumber daya alamnya dari penguasaan asing, yang membuat kita menjadi pekerja atas milik sendiri.

Hari Sumpah Pemuda ke-93, Pemerintah Disarankan Punya Resolusi Ini

“Menurut saya inilah makna menjaga Indonesia yang harus kita tumbuhkan kembali di hari sumpah pemuda,” kata politisi asal dapil Jambi itu. (www.dpr.go.id)

Museum Sumpah Pemuda

Setelah 29 Oktober, Museum Sumpah Pemuda Istirahat Sementara

Museum Sumpah Pemuda akan melakukan beberapa penyesuaian. Untuk itu, mereka akan tidak beroperasi sementara waktu.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2021