TUTUP
TUTUP
POLITIK

Ketua Pansus RUU Pemilu Dipilih Usai Reses DPR

DPR akan kembali bersidang pada tanggal 16 November 2016.
Ketua Pansus RUU Pemilu Dipilih Usai Reses DPR
Ilustrasi Sidang Paripurna DPR (VIVA.co.id/ Agus Rahmat)

VIVA.co.id – Anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang Undang (RUU) Pemilu, Rambe Kamarul Zaman mengatakan bahwa pansus akan memilih ketua pansus setelah masa sidang baru dimulai. DPR diketahui akan mulai masa reses pekan depan.

"Kerja berat lagi. Hari ini sudah penutupan sidang. Tak ada rapat lagi sampai 15 November 2016 dan 16 November masuk sidang," kata Rambe di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 28 Oktober 2016.

Ia memperkirakan pada saat memasuki masa sidang, pimpinan DPR sudah mengirimkan bahan ke masing-masing fraksi. Selanjutnya, tanggal 16 sampai 17 November 2016 akan dilakukan rapat menentukan pimpinan pansus dan mekanisme pembahasan.

"Setelah itu baru rapat pertama dilanjutkan penjelasan pemerintah. Setelah penjelasan pemerintah baru diserahkan ke fraksi untuk diperdalam dengan daftar inventarisasi masalah," kata Politikus Golkar ini.

Ia mengatakan, semua fraksi di DPR akan bentuk timnya untuk mengkaji. Sementara itu menurutnya, anggota pansus kebanyakan berasal dari Komisi II dan Komisi III.

Dilanjutkannya, penentuan pimpinan Pansus RUU Pemilu tak mungkin dilakukan pada saat ini karena sebagian anggota Dewan sudah berangkat ke daerah pemilihan masing-masing.

"Resminya dikaji dan dirapatkan apabila sudah bertemu dan ada yang memimpin. Hari ini tak mungkin (pilih ketua)," kata Rambe.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP