Pilkada Langsung Dinilai Bisa Munculkan 'Pemimpin Karbitan'

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Taufik Kurniawan.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Taufik Kurniawan, menilai persoalan reformasi hukum yang menjadi paket kebijakan pemerintah sebenarnya juga berkaitan erat dengan masalah kepala daerah dan biaya tinggi dalam proses politik.

Mendagri Minta Pj Kepala Daerah Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

"Sebetulnya pertanyaannya adalah pemimpin itu dilahirkan atau memang lahir dengan sendirinya pemimpin itu muncul? Sekarang ini kan dengan pilkada secara langsung, ini pemimpin itu kan dipaksakan untuk lahir. Dengan apa dipaksakannya, dengan cara-cara kekuatan biaya politik yang tinggi," kata Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 26 Oktober 2016.

Akibat banyak kepala daerah yang muncul dari kekuatan modal, menurutnya berdampak pada tidak adanya pemimpin yang karismatik. Pada akhirnya malah menghasilkan figur pemimpin yang pragmatis.

PSI Jagokan Kaesang dan Grace Natalie di Pilgub DKI Jakarta

"Bagaimana kemudian dia mendapat jabatan itu pertama kali pasti akan memprioritaskan kembali modal terlebih dahulu," kata Taufik.

Menurut dia, tingginya ongkos politik masih menjadi masalah dan tantangan bersama baik bagi pemerintah, DPR dan juga masyarakat yang selayaknya tak tergiur dengan politik uang khususnya dalam pemilihan kepala daerah.

Survei Kandidat Potensial Pilkada Solo Mengerucut pada Tiga Nama, Kaesang Nomor 3

Hal tersebut disampaikan Taufik menyusul akan dilangsungkannya Pilkada 2017 secara serentak tahun depan. Para calon kepala daerah di 101 daerah sudah mengambil nomor urut pada Selasa, 25 Oktober 2016.

(ren)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024