Guyonan Segar Pendukung Anies Soal Nomor Urut 3

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
Sumber :
  • viva.co.id/Irwandi

VIVA.co.id – Tiga pasangan calon Gubernur DKI Jakarta telah mengambil nomor urut untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah 2017 mendatang. Nomor urut membuat para tim pendukung sibuk menerjemahkannya, baik melalui media sosial maupun seruan.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Namun menurut politikus Partai Gerindra, Desmond Mahesa, tak perlu ada yang dipermasalahkan dari nomor itu, termasuk nomor tiga yang didapat pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Emang kenapa kalau nomor tiga? Bagus kan?" Kata Desmond di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, 26 Oktober 2016.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Wakil Ketua Komisi III ini punya terjemahan sendiri atas nomor urut tiga itu. Dia menilai nomor urut tiga bisa menjadi keuntungan sendiri untuk pasangan Anies-Sandiaga.

"Angka 3 tuh kalau kita bicara nih ya: 1 itu kan kita buka, 2 kita lihat-lihat, nah 3 ya coblos," ujar mantan aktivis ini.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Sementara itu, Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), salah satu LSM yang bergerak di bidang Pemilu, Masykurudin Hafidz mengingatkan bahwa nomor urut bukan representasi dari kualitas para kandidat.

"Menjadikan nomor sebagai angka keberuntungan apalagi mistik sudah bukan zamannya lagi. Sikap politik dan rasional jauh lebih dibutuhkan," kata Masykurudin, Rabu 26 Oktober 2016.

Masykurudin menjelaskan nomor urut tidak pernah menentukan apa-apa. Sangat mudah bagi pemilih untuk menghapal urutan nomor pasangan calon beserta partai politik pengusung jika pemilih sudah memiliki pilihan sendiri.

"Kemenangan bergantung pada adu konsep dan gagasan membangun Jakarta dan partai politik pengusung memanfaatkan masa kampanye secara intensif memengaruhi pemilih dengan visi, misi dan program yang dicanangkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya