DPR Sepakat Bentuk Pansus RUU Pemilu

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto mengatakan hasil rapat badan musyawarah (bamus) dengan pimpinan komisi soal Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu disepakati untuk membentuk panitia khusus (pansus).

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

"Dari Bamus disepakati akan disusun atau dibahas dalam Pansus. Nanti dibacakan di Paripurna, akan dilaksanakan sesuai dengan UU," kata Agus di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2016.

Ia mengatakan komisi II dalam hal ini berperan sebagai leading sector. Menurutnya, pansus harus efektif dalam membahas RUU ini sebab sudah menjadi kebutuhan semua pihak.

DPR Tetapkan 33 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2021, Tak Ada RUU Pemilu

"Rakyat Indonesia menginginkan aturan cepat selesai dan anggota dewan juga memiliki kepentingan untuk itu. Pileg dan Pilpres kan akan terlaksana dalam satu waktu, bersamaan," kata Agus.

Ia menambahkan, belum mengetahui apakah pansus ini akan tetap bekerja saat reses anggota DPR. Kalaupun akan dibahas saat reses maka nanti bisa difasilitasi.

UU Pemilu Tidak Masuk Prolegnas, PKS Ngotot Direvisi

"Karena ini harus cepat dan selesai dibahas. Alasan Pansus untuk memperoleh perspektif yang luas dan ingin punya UU yang lebih bagus. Kita ingin Pemilu presiden dan legislatif berjalan bersamaan karena ini kan baru pertama kali. Sehingga diperlukan aturan dan pemikiran yang lebih fokus," kata Agus.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

Ada sebanyak 48 undang-undang yang yang dimohonkan pengujiannya di MK tahun 2021. UU Pemilu dan UU Cipta Kerja paling banyak digugat

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022