TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK

Sekjen PSI Yakin Partainya Lolos Verfikasi KPU

Semua ketentuan yang disyaratkan KPU akan dipenuhi.
Sekjen PSI Yakin Partainya Lolos Verfikasi KPU
Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni. (VIVA.co.id/ Eka Permadi.)

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mempersiapkan seluruh kelengkapan syarat administrasi dan ketentuan syarat kepengurusan dari tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga tingkat kecamatan agar lolos dalam tahapan verifikasi partai politik yang akan dilakukan oleh KPU RI.

"Insya Allah dengan energi anak muda, besok hari kami mulai kerja kumpulkan semua itu. Rasanya kami akan lolos verifikasi KPU," kata Raja Juli Antoni usai bertemu dengan Komisioner KPU RI di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin 24 Oktober 2016.

Setelah disahkan sebagai partai politik yang memenuhi administrasi hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 7 Oktober lalu, lanjut Raja, pihaknya telah mempersiapkan diri untuk memenuhi syarat kepengurusan partai yang termaktub dalam UU Pemilu, yaitu 100 persen di tingkat Provinsi, 75 persen di tingkat Kab/Kota, dan 50 persen di tingkat Kecamatan.

Tidak hanya itu, ia mengklaim sudah menjalankan amanat UU Pemilu yang mengharuskan partai politik setidaknya melibatkan 30 persen kepengurusan partai kaum perempuan. "Kami sudah 42 persen perempuan usia 17-32 tahun. Itu total agregat. Mungkin bisa 50 persen nanti," ujarnya menambahkan.

Ia pun mengklaim, dengan modal diloloskannya sebagai partai politik beberapa waktu lalu, akan lebih meyakinkan dirinya bahwa PSI akan lolos dalam tahapan berikutnya, yaitu lolos dalam verifikasi yang akan dilakukan KPU RI.

"Tinggal satu yang harus dipenuhi yaitu keanggotaan. 1000 atau 1/1000 masing-masing kabupaten/kota dan rasa-rasanya kita bisa melakukan itu," katanya.

Ia mengatakan, verifikasi peserta pemilu tidak hanya dilakukan bagi partai baru saja, melainkan seluruh partai yang hari ini ada juga akan mengikuti proses verifikasi yang sama. Hal itu juga yang menyebabkan ia yakin bahwa partainya kelak dapat lolos dalam verifikasi administrasi dan faktual yang akan dilakukan oleh KPU RI.

"Sepanjang itu adil (proses verifikasi), tidak hanya partai baru, mau syarat apapun kami siap."

(mus) 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP