Pidato Kenegaraan di DPD

SBY: Dulu Morat-Marit, Kini RI Success Story

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan bahwa Indonesia telah mengalami perubahan besar dalam sepuluh tahun terakhir sejak krisis ekonomi menimpa Indonesia.

"Alhamdulillah, kita selalu berhasil keluar dari krisis dengan baik, bahkan terus menjadi lebih kuat dan kokoh," ujar SBY dalam pidato kenegaraan di sidang paripurna DPD di Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2009.

Menurut Presiden, sepuluh tahun setelah tertimpa krisis moneter yang paling parah di Asia, Indonesia telah bangkit kembali. Indonesia bangkit dan kini berdiri tegar bukan saja dari segi ekonomi, namun juga dari segi sosial dan politik.

"Apabila 9 tahun lalu ada kolumnis internasional yang mencap Indonesia sebagai "messy state" (negara yang morat-marit dan kacau balau), maka kini majalah Time justru menganggap kita sebagai "political success story"," kata SBY.

Menurut dia, banyak pula yang menilai Indonesia sebagai "emerging economy" dan "model democracy". 

Peran Jenderal Bintang 4 yang Diduga Terlibat Korupsi Timah Rp 271 Triliun

Bahkan, Indonesia dapat berkiprah dengan percaya diri di percaturan ekonomi internasional, justru karena Indonesia mempunyai bobot baru, sebagai ekonomi terbesar dengan pertumbuhan tertinggi di Asia Tenggara.

Ilustrasi wartawan atau pers.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Banyak rintangan bagi jurnalis asing yang menghadapi tanggapan keras Partai Komunis China terhadap pemberitaan independen yang mengkritik kebijakan China.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024