TUTUP
TUTUP
POLITIK

Dua Tahun Jokowi-JK, PDIP Ungkap Terobosan Pemerintah

Sekjen PDIP mengungkap sejumlah terobosan penting Presiden Jokowi.
Dua Tahun Jokowi-JK, PDIP Ungkap Terobosan Pemerintah
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. (VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dinilai berhasil mengatasi berbagai tantangan perekonomian yang tidak mudah pada awal pemerintahan seperti sempitnya ruang fiskal, dan reformasi sistem perpajakan yang jalan ditempat pada satu dasawarsa terakhir. Dinamika politik yang tidak mudah di DPR justru menjadikan kepemimpinan Presiden Jokowi semakin bersinar yang ditandai dengan kuatnya dukungan rakyat dan Parlemen.

"Percepatan pembangunan infrastruktur berupa jalan, bandar udara, tol laut, pembangkit listrik telah dijalankan secara progresif. Biaya logistik pun dapat ditekan. Konektivitas wilayah menjadi lebih baik. Penetapan satu harga BBM secara nasional termasuk Papua merupakan terobosan penting dan simbolisasi konsistensi Presiden di dalam menghadirkan Indonesia untuk semua," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Kamis 20 Oktober 2016.

Menurut Hasto, selama dua tahun ini saja PDIP mencatat sekitar 3.187 jalan di daerah perbatasan telah dibenahi, ada 8 ruas jalan tol di Sumatera dan 8 ruas jalan tol di pulau Jawa yang telah dan sedang dikerjakan sebagai bagian dari 108 proyek konektivitas yang dirancang hingga akhir masa jabatan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah.

Rasio elektrifikasi juga meningkat sangat pesat dari sekitar 75 persen hingga mencapai 86 persen selama dua tahun terakhir. Data statistik menunjukkan penurunan angka kemiskinan sebesar 0,36 persen dalam setahun antara Maret 2015–Maret 2016.

"Kami juga mengapresiasi realisasi janji Jokowi-JK dengan telah dibaginya sebanyak 18 juta Kartu Indonesia Pintar bagi anak-anak sekolah, meluasnya penggunaan Kartu Indonesia Sehat dengan masuknya 20 ribu puskesmas dan klinik sebagai bagian dari program JKN," kata Hasto.

Pemerintahan Jokowi-JK dinilai memiliki ketegasan dengan menegakkan kedaulatan atas laut adalah contoh bahwa harapan untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian telah diletakkan dengan baik. Meskipun demikian, sebagai partai yang terus menerus melakukan pembenahan internal, mendengarkan kritik dan masukan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi, PDI Perjuangan tidak cepat berpuas diri.

"Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dijalankan. Dukungan politik yang semakin kuat di DPR, dan persepsi positif rakyat atas kinerja Presiden Jokowi menjadi modal politik yang sangat kuat untuk mempercepat pembangunan. Saatnya seluruh komponen bangsa bersatu mengejar ketertinggalan kita, dan PDI Perjuangan bangga ketika Presiden Jokowi benar-benar menjadi Presiden seluruh rakyat Indonesia dan menjadikan pemerintah selalu hadir dalam setiap problematika rakyat," kata Hasto.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP