TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK
2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Jokowi Dinilai Berhasil Membuat Sejarah Baru di Pemerintahan

Jokowi dinilai berhasil merangkul lawan jadi kawan.
Jokowi Dinilai Berhasil Membuat Sejarah Baru di Pemerintahan
Politikus PDIP Maruarar Sirait (VIVAnews/Zahrul Darmawan)

VIVA.co.id – Pemerintahan Jokowi-JK sudah berjalan dua tahun. Presiden Jokowi dinilai berhasil menunjukkan diri sebagai sosok yang membuat sejarah di pemerintahan yang stabil secara politik. Situasi yang menjadi modal bagi Indonesia lepas landas melaju kencang membangun perekonomian.

Menurut Politikus PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, Presiden Jokowi mampu membangun situasi yang kondusif dan stabil, baik di pemerintahan maupun dalam situasi sehari-hari. Stabilitas terjadi di parlemen.

“Jokowi berhasil mengatasi prediksi banyak pihak yang ragu bahwa presiden mampu menjinakkan pergulatan politik KIH vs KMP di awal masa jabatannya. Hasilnya, UU Tax Amnesty yang awalnya ditolak, belakangan didukung dan dibuktikan berhasil oleh Presiden,” kata Maruarar dalam keterangan persnya, Kamis 20 Oktober 2016.

Jokowi juga dinilai berhasil membangun Indonesia yang lebih baik, baik secara mental maupun secara ekonomi. Baginya, Jokowi telah mencatatkan sejarah baru, berhasil mengonsolidasikan semuanya hanya dalam dua tahun memerintah.

"Bung Karno mengajarkan kita JAS MERAH. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Tapi Pak Jokowi sendiri sudah membuat sejarah bagi Indonesia," kata Ara, sapaan akrab Maruarar.

“Cara bekerja Pak Jokowi sangat mantap dan komprehensif. Dengan perspektif legal justice, Pak Jokowi megikuti UU dalam menjalankan roda pemerintahan. Pak Jokowi juga memperhatikan social justice, yakni apa sebenarnya kebutuhan rakyat. Akhirnya semua keputusan beliau bijaksana dan bisa diterima semua pihak," ujarnya memuji.

Menurut Ara, prestasi Jokowi itu sebenarnya tak lepas dari track recordnya yang jelas. Sejak masih jadi Walikota hingga Gubernur di Jakarta, Jokowi berpengalaman mengatasi semua masalah. Dia sudah biasa berhadapan dengan semua kalangan sehingga mendapatkan dukungan penuh.

“Dengan cara dan gaya berkomunikasi yang baik serta santun, ditopang oleh kinerjanya yang mumpuni, akhirnya Jokowi bisa membangun kepercayaan kepada siapapun. Karena itulah, maka sampai lawan politik di awal pun pada akhirnya mendukung Jokowi,” ujarnya.

Bukti Jokowi dapat dipercaya adalah ketika bicara pemerataan pembangunan, maka sang presiden benar-benar membangun Aceh dan Papua dengan serius.

"Di politik itu, mendapat kepercayaan itu susah. Kalau Pak Jokowi dapat itu, karena dia memang menunjukkan layak dipercaya. Pak Jokowi sekarang jadi orang terkuat karena dia bisa dipercaya. Ada orang yang kuat dengan pangkat tinggi, tapi belum tentu bisa dipercaya oleh yang lain. Beda dengan Pak Jokowi yang baik de jure maupun de facto benar-benar kuat karena dipercaya.”

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP