Dua Tahun, Jokowi-JK Dinilai Seiring tapi Tak Sejalan

Jokowi - JK Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Hubungan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla tidak luput dari sorotan selama dua tahun jalannya pemerintahan mereka. Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil menilai keduanya seiring tapi seperti tidak sejalan.

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

"Mereka itu seiring, tapi tak sejalan. Kan orang ada yang seiring sejalan. Kalau mereka seiring tak sejalan," kata Nasir di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2016.

Dia menyebut JK kerap tidak sejalan karena jarang terlihat mendampingi Jokowi berdua di tempat umum. JK juga disebut lebih banyak menahan diri selama ini.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

"Tidak sejalan ini mungkin karena mereka jarang jalan berdua di tempat umum, atau juga seperti orang bilang lagi perang dingin," terang Nasir.

"Bukan berarti dia (JK) disakitin yah, tidak dalam konteks itu. Menahan diri ini tidak mengomentari hal-hal yang tidak perlu dikomentari dan dia kan punya tanggung jawab moral juga," imbuhnya.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

Tanggung jawab menahan diri itu katanya adalah terkait dengan ucapan JK dulu ketika mengkritik Jokowi. Saat itu sebelum Jokowi menjadi calon presiden, JK pernah mengatakan Indonesia akan hancur jika Jokowi yang menjadi presiden.

"Nggak mungkin lah masyarakat lupa dengan pernyataan JK, dan Jokowi juga tidak akan lupa," kata anggota Komisi III DPR ini.

Sebelumnya, Partai Gerindra juga menilai peran JK sebagai wakil saat ini berbeda dengan perannya selama menjadi Wakil Susilo Bambang Yudhoyono. Peran JK sebagai orang nomor dua dinilai kalah dengan pejabat lain seperti Kepala Staf Kepresidenan atau Menkopolhukam.

"JK sekarang tidak secerdas dan tidak segesit ketika bersama SBY," kata anggota DPR Fraksi Gerindra, Sodik Mudjahid kepada VIVA.co.id.
   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya