Partai Pendukung Pemerintah Nilai Hubungan Jokowi-JK Baik

Deklarasi Joko Widodo ( jokowi ) dan Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) akan segera memasuki usia dua tahun pada 20 Oktober 2016. Hubungan antara Jokowi-JK selama ini dinilai saling melengkapi karena dianggap mumpuni dan masing-masing punya pengalaman politik.  

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

"Masing-masing kan politisi senior. Pak JK kan politisi senior yang bukan baru. Kalau chemistry ya cocok lah, kalau tidak bagaimana dahulu diajak sebagai wakil," kata Anggota DPR dan Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny G. Plate ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2016.

Johnny Plate juga menilai tidak benar jika ada anggapan bahwa relasi keduanya mulai merenggang karena JK diketahui beberapa kali dalam waktu terakhir bahkan tidak menghadiri pelantikan pejabat negara di Istana Negara. Pula JK disebut tidak diikutsertakan membahas perihal calon Menteri ESDM dan Wakil Menteri ESDM.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Plate mengakui gaya kepemimpinan dan manajemen keduanya berbeda. Namun hal itu katanya didasarkan pada kewenangan keduanya yang memang berbeda.

"Menurut Konstitusi ini kan tugas Wapres (Wakil Presiden) kan tidak ada kecuali mengganti Presiden. Tapi dalam tugas hariannya, pembagian kewenangannya ada," ujar Plate dari partai pendukung pemerintah itu.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Politikus itu melanjutkan, dia menganggap ketidakhadiran JK dalam berbagai acara penting kenegaraan seperti pelantikan menteri adalah masalah atau indikasi kerenggangan hubungan RI 1 dan RI 2.

Hingga saat ini JK kata dia masih berada pada posisi dan tugas Wapres yang seharusnya.

"Dalam penugasan tertentu, misal Presiden tidak bisa ke suatu tempat (ya JK). Itu semua, relasi Presiden dan Wakil Presiden ini masih baik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya