TUTUP
TUTUP
POLITIK

Demokrat: Kasus Munir Jadi Urusan Pemerintah Sekarang

Saat jadi Presiden, SBY sudah tindaklanjuti temuan Tim Pencari Fakta.
Demokrat: Kasus Munir Jadi Urusan Pemerintah Sekarang
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, mengatakan beberapa rekomendasi dari Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir sudah ditindaklanjuti saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selebihnya, dia mengaku tidak mengikuti.

"Tapi saya dengar hampir sebagian besar sudah ditindaklanjuti. Bahwa ada yang belum dilakukan (rekomendasi TPF), pemerintahan sekaranglah yang harus menindaklanjuti," kata Syarief di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 18 Oktober 2016.

Saat ditanya bagaimana sikap SBY terkait keinginan sejumlah pihak membuka semua hasil investigasi dan rekomendasi TPF, ia mengatakan kalau memang diperlukan maka pada saatnya SBY akan memberikan penjelasan.

"Pada saatnya kalau memang diperlukan, beliau akan memberi penjelasan. Tapi pemerintah sekaranglah yang melanjutkan. Pembangunan ada yang sudah dilakukan dan belum. Yang belum, diteruskan," kata Syarief.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Jaksa Agung Muhammad Prasetyo untuk menelusuri dokumen hasil investigasi TPF kematian Munir. Munir diduga dibunuh dalam penerbangan dari Jakarta menuju Belanda, pada September 2004.

Namun, hasil investigasi resmi dari TPF atas kematian penggiat HAM itu sampai kini belum dibuka ke publik. Sementara, Kementerian Sekretaris Negara menyatakan tidak mempunyai dokumen hasil investigasi TPF terkait kasus kematian Munir. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP