Bentuk Partai Berkarya, Tommy Sudah Lama Tak di Golkar

Konferensi Pers Partai Berkarya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Anak bungsu mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau yang akrab disapa Tommy Soeharto, masuk dalam kepengurusan Partai Berkarya. Di partai itu ia menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi dan Ketua Dewan Pembina.

Ijeck dan Bobby Nasution Bersaing Raih Tiket Golkar di Pilgub Sumut 2024

Partai Berkarya itu pun telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan surat keputusannya terbit pada 13 Oktober 2016. Sejumlah pertanyaan muncul mengenai posisi Tommy di Partai Berkarya. Pasalnya ia ditengarai masih kader Partai Golkar.

Ketua Umum Partai Berkarya, Neneng A Tutty mengatakan Tommy tak lagi berada di Partai Golkar. Menurut dia, Tommy tak aktif di partai pimpinan Setya Novanto saat dia mendirikan Partai Nasional Republik (Nasrep).

Golkar Bali Ingin Koalisi Indonesia Maju Berlanjut Hingga di Pilkada

"Pak Tommy saat pertama membuat Partai Nasrep otomatis sudah tidak di Golkar. Jadi sekarang Pak Tommy tidak di Golkar," kata Neneng di Jakarta, Senin 17 Oktober 2016.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Berkarya Yockie M Hutagalung menegaskan Tommy sudah tak lagi di partai berlambang pohon beringin setelah yang bersangkutan menjadi pengurus di partai lain.

Golkar Blacklist Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024: Beliau Sangat Menyakitkan Kami

"Di AD/ART Golkar kalau anggota menjadi pengurus di partai lain otomatis sudah keluar atau gugur dengan sendirinya. Sekarang yang bersangkutan (Tommy Soeharto) masuk dalam Partai Berkarya dan meninggalkan partai lama," kata eks kader Golkar itu.

Ia meyakini kehadiran Tommy di Partai Berkarya akan mendapat perhatian dari masyarakat terutama di kalangan menengah ke bawah. "Saya rasa ada pengaruh beliau secara nasional, harapan kita sangat banyak (dukungan)," ujar dia.

Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024