TUTUP
TUTUP
POLITIK

Ruhut Tuding Amien Rais Demo karena Cemburu Ahok

"Amien ngomong SARA itu kaitannya dengan jealousy."
Ruhut Tuding Amien Rais Demo karena Cemburu Ahok
Ruhut Sitompul (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

VIVA.co.id – Usai demonstrasi anti-Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama yang diikuti oleh Amien Rais, juru bicara tim sukses Ahok, Ruhut Sitompul, menilai hal itu malah makin menguatkan Ahok. Apalagi menurut Ruhut, aksi Amien itu dilatarbelakangi oleh kecemburuan Amien pada Ahok.

"Amien ngomong SARA itu kaitannya dengan jealousy, itu kan bentuk kecemburuan terhadap Ahok-Djarot," kata Ruhut lewat sambungan telepon, Senin 17 Oktober 2016.

Dia bahkan menilai, apa yang dilakukan oleh Amien bisa menjadi blunder untuk potensi suara Agus Harimurti Yudhoyoni-Sylviana Murni. Ruhut meminta Amien berhati-hati.

"Hati-hati. Karena bakal berpengaruh terhadap suara Agus-Silvy," ujarnya.

Menurut Ruhut, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu memang selalu salah langkah. Karena itu ia sudah menduga sejak lama langkah Amien itu.

"Karena itu namanya Amien Rais, kalau enggak begitu (salah langkah), bukan Amien Rais," kata Ruhut.

Kritik senada yang disampaikan Ruhut sudah dijawab putra Amien Rais yang kini duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Hanafi Rais. Menurut Hanafi, apa yang dilakukan ayahnya itu merupakan sebuah bentuk perjuangan menegakkan kebenaran.  

"Ya, saya kira bukan politis lah. Kan yang dilakukan sudah jelas, ada landasan hukumnya, ada landasan undang-undangnya soal penistaan agama," kata Hanafi saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 17 Oktober 2016.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa aksi demonstrasi itu berjalan secara damai. Ia menyatakan terima kasihnya kepada Kepolisian yang bisa menjaga aksi damai itu.

"Protesnya juga damai, tertib, tidak ada anarki. Saya salut setinggi-tingginya pada Kapolri, karena bisa jaga puluhan ribu demonstran dengan suasana damai dan tertib," kata Wakil Ketua Komisi I DPR ini.

Seperti diketahui, Amien ikut dalam unjuk rasa massal tolak Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, di Balai Kota Jakarta. Bahkan dia turut memberi orasi. Amien merasa perlu turun ke jalan, karena menilai Ahok telah menghina Alquran.

"Jadi, bukan hanya orang Jakarta saja. Ada sekitar 2,3 miliar umat manusia di muka bumi ini," kata Amien dalam orasinya, Jumat 14 Oktober 2016.

Di hadapan massa, Amien meminta agar proses hukum tetap berjalan. Menurutnya, apabila proses hukum sudah berjalan, umat Islam baru bisa bernapas lega.

"Segera tangkap Ahok! Proses hukumnya yang wajar saja. Perkara berapa hukumannya, itu nanti biar hakim," kata Amien.

Menanggapi adanya demo itu, Ahok mengatakan bahwa polisi memiliki sejumlah pertimbangan untuk memproses laporan. Prosedur itu seharusnya tidak terpengaruh oleh tekanan eksternal, termasuk unjuk rasa.

"Tunggu saja proses hukumnya. Ini kan negara hukum. (Di) Negara hukum kan enggak bisa paksa," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jumat, 14 Oktober 2016.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP