Pilkada Jakarta 2017

PPP Dukung Ahok, Haji Lulung Diharapkan Merapat

Ruhut Sitompul
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id - Dalam konflik internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Abraham Lunggana alias Haji Lulung masuk ke kubu Muktamar Jakarta yang dipimpin Djan Faridz. Djan kini melabuhkan dukungan pada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta.

Ruhut Sitompul Gantikan Mahfud MD Jadi Anggota BPIP, Cek Faktanya

Namun, pilihan politik Djan itu bertolak belakang dengan Lulung. Sebab, selama ini, Ketua DPD PPP DKI Jakarta yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu dikenal sering berseberangan, bahkan berkonflik dengan Ahok.

Lulung pun tak bersedia mengikuti pilihan Djan tersebut. Ia memilih mendukung pasangan Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni dalam Pilkada DKI Jakarta.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Meskipun demikian, salah satu juru bicara di tim pemenangan Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul, berharap sesuatu yang berbeda. Ruhut ingin agar Lulung mendukung Ahok, sama seperti Djan.

"Kalau ada omongan Haji Lulung mendukung kami, aduh (hebatnya)," kata Ruhut kepada VIVA.co.id, Senin, 17 Oktober 2016.

Gerindra Sindir Komisaris Rasa Dirut, Ruhut: Lawan Politik Ahok Stres

Ruhut mengemukakan bahwa Haji Lulung bukan hanya tokoh generasi muda Islam. Ruhut mengaku sangat dekat dengan Lulung.

"Sama-sama dari keluarga besar TNI. Dia Pemuda Panca Marga. Saya sangat bersahabat dengan Haji Lulung," kata politikus Partai Demokrat tersebut.

Meskipun ada keinginan, Ruhut tidak akan meminta Lulung mendukung Ahok secara langsung. Dia menyerahkan persoalan itu ke Djan Faridz.

"Itu biar Pak Djan Faridz di PPP. Haji Lulung kan Ketua PPP DKI," tutur dia.

Dalam Pilkada DKI Jakarta, PPP kubu Romi sudah memutuskan mendukung Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni. Namun, beberapa waktu kemudian, kubu Djan Farid menyatakan dukungan ke Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat yang didukung partai PDIP, kemudian Partai Golkar, Nasdem, dan Hanura. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya