Jokowi Dinilai Tepat Pilih Jonan Jadi Menteri ESDM

Said Didu saat diskusi Perspektif Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

VIVA.co.id – Sekretaris Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Said Didu menilai langkah Presiden Joko Widodo sudah tepat menempatkan Ignasius Jonan kembali memimpin institusi pemerintah. Jonan ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri ESDM. Arcandra Tahar ditunjuk menjadi Wakil Menteri ESDM.

"Saya rasa sudah pas, karena Pak Jonan ini memiliki modal bagus dan dipercaya publik. Ditambah sudah semakin baik para birokrat di ESDM dan gaya komunikasi dengan DPR-nya bagus,” kata Said Didu dalam diskusi bertajuk 'Pekerjaan Lama untuk Menteri Baru' di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 15 Oktober 2016.

ESDM Tetapkan Harga Minyak Mentah Indonesia US$95,72 per Barel

Meski begitu, diakui Said, ada yang belum tuntas dijelaskan Presiden. Kementerian ini adalah institusi yang juga paling disorot publik, tetapi presiden justru mengangkat menteri yang bukan berlatar energi ataupun sumber daya mineral.

Menurut Said, penting bagi Jonan menanyakan langsung kepada Presiden, maksudnya ditempatkan di ESDM. Pasalnya, Wamen ESDM sekarang justru dijabat orang yang jauh berpengalaman di bidang ESDM, yakni Arcandra Tahar.

"Yang harus dia (Jonan) lakukan sekarang, menanyakan ke Presiden, 'bapak mau menugaskan apa di sini?', dan meminta mandat langsung untuk menjadi pintu tunggal untuk ambil kebijakan, jangan memakai petugas lain lagi," kata mantan Staf Khusus Menteri ESDM Sudirman Said itu. (ase)

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Rida Mulyana.

ESDM Luncurkan Aplikasi Si Ujang Gatrik, Ini Fungsinya

ESDM meluncurkan aplikasi 'Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik' atau Si Ujang Gatrik. Hal ini untuk mendukung keselamatan listrik.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022