TUTUP
TUTUP
POLITIK

Ketua DPR Tak Persoalkan Kabinet Jokowi Makin 'Gemuk'

Posisi wakil menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dihidupkan lagi.
Ketua DPR Tak Persoalkan Kabinet Jokowi Makin 'Gemuk'
Presiden Joko Widodo melantik Menteri baru Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, dan Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ade Komarudin, menyambut baik pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  yang baru, Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri (Wamen) ESDM. Ade menilai kombinasi Jonan dan Arcandra sudah pas.  

"Pak Jonan kita sama-sama tahu, beliau punya legacy atas kereta Indonesia yang sudah nyaman. Sebagai Menhub (Mneteri Perhubungan) juga cukup berhasil, punya integritas, prinsip," kata Ade saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016.

Ade juga tidak meragukan pengalaman dan kapasitas intelektual Arcandra di bidang ESDM. Apalagi kata dia, tidak lagi ada masalah terkait kewarganegaraannya.

"Kalau soal kewarganegaraan kan kita bisa selesaikan seperti biasa," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ade menepis anggapan jika penunjukan Arcandra sebagai wakil akan membuat kinerja tumpang tindih di kementerian. Menurutnya, Jonan akan sanggup memimpin kementerian yang sempat dipimpin Arcandra itu. Dia juga tak mempermasalahkan adanya posisi wamen baru.

"Enggak (tumpang tindih kewenangan). Kan anda tahu reputasinya Jonan," kata dia.

Bahkan Politikus Golkar ini menilai penunjukan wakil menteri tidak bertentangan dengan keinginan Jokowi  pada awalnya.

"Enggak ada (yang bertentangan). Menkeu ada (wakilnya). Cuma jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya periode lalu. Menurut saya ESDM harusnya ada wamen. Setahu saya itu tempat cukup berat," katanya.

Saat baru menjabat, Presiden Jokowi tak menginginkan kabinet "gemuk" di pemerintahannya. Namun pada Kabinet Kerja kemudian diketahui sudah ada tiga posisi wamen, yaitu Wamen Keuangan, Wamen Luar Negeri dan Wamen ESDM.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP