Mereka ini para Calon Pengganti Irman Gusman di DPD

Ilustrasi/Rapat Paripurna DPD
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menggelar pemilihan ketua baru sebagai pengganti Irman Gusman, yang tengah ditahan KPK karena jadi tersangka kasus suap. Memasuki tahap pertama, paripurna melakukan pemilihan terhadap 12 calon ketua DPD dari wilayah Barat.

DKPP Jatuhkan Sanksi Peringatan Keras ke Ketua KPU

Sebanyak 12 orang dari wilayah barat maju satu persatu menyerahkan berkas pencalonan pada pimpinan sidang. Pimpinan Sidang Paripurna DPD, Farouk Muhammad mengatakan telah menerima berkas tersebut.

"Para calon telah mengisi daftar pencalonan dan pakta integritas. Sudah diverifikasi," kata Farouk di Gedung DPD, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2016.

Irman Gusman Tak Masuk DCT, Pemilu DPD RI di Sumbar Berpotensi Inkonstitusional

Selanjutnya, Pimpinan Sidang, Ratu Hemas menyebutkan 12 calon ketua DPD yang telah diverifikasi. Nantinya mereka yang telah diverifikasi satu persatu membacakan visi misinya.

"Fachrul Razi dari Aceh, Parlindungan Purba dari Sumatra Utara, Nofi Chandra dari Sumatra Barat, Instsiawati Ayus dari Riau, Abdul Gafar Usman dari Riau," kata Ratu Hemas pada kesempatan yang sama.

Irman Gusman Akui Pernah Pingin Maju Jadi Capres sebelum Jadi Tersangka Korupsi

Lalu calon lainnya yaitu Hardi Slamet Hood dari Riau, Syukur dari Jambi, Ahmad Kanedi dari Bengkulu, Mohamad Saleh dari Bengkulu, Asmawati dari Sumatra Selatan, Hudarni Rani dari Bangka Belitung, dan Andi Surya dari Lampung.

Selanjutnya, mereka akan dipilih hingga mengerucut menjadi satu orang. Satu orang ini akan melakukan musyawarah mufakat dengan wakil ketua DPD yang ada Farouk Muhammad dan Ratu Hemas untuk menentukan siapa yang akan menjadi Ketua DPD.

Kalau tak tercapai mufakat maka akan dilakukan voting dari anggota DPD untuk memilih pengganti Irman Gusman. Adapun yang terpilih akan langsung dilantik oleh ketua Mahkamah Agung pada hari yang sama.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya