Besarnya Potensi Zakat, Solusi Mengentaskan Kemiskinan

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis
Sumber :

VIVA.co.id – Potensi zakat ke depan diprediksi  akan sangat besar, bukan tidak mungkin jika potensi zakat mencapai Rp120 triliun mengingat laporan harta kekayaan masyarakat (tax amnesty) Rp3000 trilyun.

Dikecam Gegara Olok-olok Salat dan Zakat, Ini Penjelasan Pendeta Gilbert

"Jika kita ambil 2,5 persen saja, tentunya sudah mendapat nilai yang besar, belum lagi potensi wakaf tunai. Koordinasi antar elemen-elemen zakat pemerintah dan swasta juga perlu dibenahi," kata Wakil Ketua Komisi VIII Iskan Qolba Lubis, Jum'at 7 Oktober 2016.

Menurut Iskan, jika pengelolaan antar lembaga zakat ini disatukan, hal itu dapat menjadi kekuatan yang dapat mengentaskan kemiskinan di lingkup paling bawah.

Sosok Pendeta Gilbert yang Dikecam Gegara Singgung Soal Salat dan Zakat

"Saya contohkan yayasan yang memiliki tanah, saat ini banyak investor dari timur tengah yang mau berinvestasi. Kalau dibangun gedung bertingkat dan disewakan akan menghasilkan uang triliunan dalam setahun," ujarnya.

Ditambahkannya, ke depan Badan Amil Zakat perlu ditingkatkan kemampuan SDM dan kantornya perlu dibangun yang representatif agar punya daya tawar yang lebih tinggi.

Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Selain itu, Badan Amil Zakat juga diharapkan dapat menjadi koordinator antar lembaga zakat swasta. Sehingga target penyerapan zakat bisa tercapai.

"Apalagi dengan sistem IT yang canggih sekarang, bisa diterapkan untuk mengkoordinir zakat secara  nasional. Kita akan tambahkan anggarannya,"ujarnya.

Politisi F-PKS ini juga menginginkan agar Badan Amil Zakat anggarannya harus dipisah dengan kementerian terkait. Tetapi dalam hal ini, tentu harus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial.  (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya