Irman Gusman Melawan DPD

Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman saat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Farouk Muhammad, mengatakan ada surat dari kuasa hukum Irman Gusman yang ditujukan pada ketua Mahkamah Agung (MA) agar tak melantik ketua DPD baru pengganti Irman Gusman.

Irman Gusman Tak Masuk DCT, Pemilu DPD RI di Sumbar Berpotensi Inkonstitusional

"Itu tembusan dari lawyer Irman agar ketua MA tak melantik. Apa sikap dari MA kita tak tahu," kata Farouk di Gedung DPD, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2016.

Ia melanjutkan hanya saja memang ada permintaan dari MA untuk memberikan nama pengganti Irman. Sehingga ia menafsirkannya memang pemilihan memang harus diselesaikan lebih dulu.

Irman Gusman Akui Pernah Pingin Maju Jadi Capres sebelum Jadi Tersangka Korupsi

"Tergantung kesepakatan (menunda pelantikan ketua DPD baru). Ada sementara aspirasi anggota yang meminta agar jangan dulu pemilihan agar 12 orang (bakal calon ketua DPD) semakin mengerucut," kata Farouk.

Farouk menambahkan meski ada permintaan tersebut pada MA, ia menegaskan yang jelas DPD telah mengundang MA untuk hadir dan nantinya melantik ketua DPD yang terpilih.

KPU Diminta Jalani Perintah PTUN DKI Masukkan Irman Gusman Jadi Calon DPD 2024

"Surat kita kepada MA kan datang melantik. Kita kan undang untuk melantik," kata Farouk.

DKPP periksa Ketua KPU RI Hasyim Asyari.

DKPP Jatuhkan Sanksi Peringatan Keras ke Ketua KPU

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi peringatan keras kepada ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan Komisioner KPU lainnya.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024